Fakta tentang James Foley, Wartawan yang Dipenggal Oleh ISIS



James Wright Foley lahir 18 Oktober 1973 dan meninggal 19 Agustus 2014, adalah seorang wartawan foto freelance Amerika. Dia sedang meliput Perang Saudara Suriah untuk Agence France-Presse dan GlobalPost ketika ia diculik pada 22 November 2012 di barat laut Suriah.

Profil James Foley
James Foley
(Photo: VOAIndonesia)

James Foley menjadi pertama warga negara Amerika yang dibunuh oleh Milisi Negara Islam dengan cara dipenggal kepalanya oleh ISIS (Islam State Irak-Syuriah / Negara Islam / Daulah Islamiyah)

Foley adalah penduduk asli Rochester, New Hampshire, ia mengikuti Kingswood Regional High School di Wolfeboro, New Hampshire. Foley merupakan anak tertua dari lima bersaudara yang lahir dari pasangan John dan Diane Foley. James Foley merupakan penganut Katolik.


Foley lulus dari private Jesuit, Marquette University, pada tahun 1996. Kemudian lulus dari Program MFA untuk Poets & Writers di University of Massachusetts Amherst pada tahun 2003.
Foley lulus dari Northwestern University Medill School of Journalism di tahun 2008.

Foley memulai karirnya sebagai seorang guru di Arizona, Massachusetts, dan Chicago, Illinois, dan pindah ke karir di jurnalistik pada pertengahan 2000-an.

James Foley diculik ketika sedang ditugaskan di Suriah oleh harian The Global Post bulan 22 November 2012 yang kemudian dia dieksekusi oleh militan ISIS pada tanggal 19 Agustus 2014. Video pemenggalannya di posting di jejaring sosial dan banyak menerima kecaman dari segala penjuru dunia.
(sumber: wikipedia)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Fakta tentang James Foley, Wartawan yang Dipenggal Oleh ISIS"

Posting Komentar