Fenomena Hujan Meteor Perseid dan Supermoon 2014



Fenomena hujan meteor Perseid akan terjadi pada tanggal 10 Agustus 2014 dan akan mencapai puncaknya pada tanggal 13 Agustus 2014, terus apa yang dimaksud dengan hujan meteor Perseid? Terus kenapa hujan meteor Perseid 2014 tidak tampak?

Perseid 2014
Hujan meteor perseid
(Image: en.wikipedia.org)

Hujan meteor Perseid terjadi ketika Bumi memasuki wilayah angkasa yang kaya debu sisa-sisa komet Swift-Tuttle. Pada fenomena ini kita akan melihat puluhan meteor yang akan menghujani langit setiap jamnya.

Nama hujan meteor ini diambil dari nama rasi Perseus. Saat hujan meteor terjadi, meteor akan tampak seolah-olah dari rasi Perseus.

Jika langit gelap, fenomena ini akan sangat menakjubkan karena kita bisa melihat dengan jelas hujan meteor yang terang di angkasa. Sayangnya hujan meteor Perseid kali ini tidak akan begitu kelihatan karena bersamaan dengan datangnya Supermoon. Langit akan sangat terang karena pada saat itu bulan purnama 10 persen lebih besar dari bulan purnama.

Supermoon adalah peristiwa ketika jarak bulan dengan bumi mencapai titik terdekat, sehingga bulan yang kita lihat tampak lebih besar dari biasanya. Supermoon kali ini merupakan fenomena Supermoon kedua sepanjang tahun 2014.

Astrofisikawan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin, seperti diberitakan oleh Kompas.com (10/8/14) mengatakan "Saat Supermoon nanti, Bulan akan mencapai jarak paling dekat. Biasanya 384.000 kilometer, nanti hanya 357.000 kilometer."

Thomas Djamaluddin juga menambahkan kalau Supermoon kali ini akan lebih besar daripada Supermoon sebelumnya ditahun 2014 ini "Karena jarak Bulan nanti adalah yang paling dekat sepanjang tahun 2014," jelas Thomas.

Dua fenomena menarik yang datang bersamaan ini -hujan meteor Perseid dan Supermoon- sangat ditunggu-tunggu, meskipun Supermoon menjadi penghalang untuk menikmati Perseid.
(sumber: kompas.com)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Fenomena Hujan Meteor Perseid dan Supermoon 2014"

Posting Komentar