Frank Zappa, Gitaris Rock Serba Bisa dari Amerika



Frank Zappa (1940-1993), adalah salah satu tokoh yang paling kreatif dan serbabisa dalam sejarah musik rock Amerika. Zappa adalah seorang komponis, pemimpin band, dan gitaris.

Profil Frank Zappa
Frank Zappa (1940-1993)
(Photo: Wikipedia)

Meskipun ia adalah salah satu inovator utama musik rock, dia juga berusaha untuk berbaur dengan musik jazz dan musik klasik. Zappa banyak membuat karyanya melalui band-nya, Mothers of Invention, kelompok musisi yang dipimpinnya selama bertahun-tahun.

Francis Vincent Zappa, Jr, lahir di Baltimore, Maryland. Pada usia 10, ia pindah dengan keluarganya ke California. Frank Zappa belajar sendiri bermain gitar dan menjadi penggemar dari tahun 1950-an untuk musik rock 'n' roll serta musik klasik modern. Zappa sangat menyukai karya komposer Perancis kelahiran Amerika, Edgard Varese.

Zappa mulai tampil di cocktail lounge pada tahun 1960, dan pada tahun 1964 ia membentuk Muthers Band yang kemudian disebut sebagai cikal bakal Mothers of Invention dari 1966 sampai grup bubar pada tahun 1977.

Zappa membuat soundtracks film dan lebih dari 60 album, dimulai dengan Freak Out (1966). Dia membuat satir untuk kehidupan Amerika di lagu-lagunya seperti "Brown Shoes Don't Make It" dan "Plastic People" (keduanya 1967) dan sering dituduh cabul. Lagu satir Zappa untuk usia remaja California lewat "Valley Girl" (1982), yang didalamnya terdapat vokal putrinya Moon Unit.

Konduktor-komposer klasik Prancis, Pierre Boulez, juga pernah merekam sebuah album Boulez Conducts Zappa/The Perfect Stranger (1983) yang menjadi hit internasional. Zappa memenangkan Grammy Award 1987 untuk kategori Best Rock Instrumental untuk album Jazz from Hell.

Frank Zappa juga pernah menulis otobiografi yang berjudul The Real Frank Zappa Book (1989). Zappa meninggal karena kanker pada tahun 1993.
Zappa dinobatkan dalam Rock and Roll Hall of Fame di tahun 1995, anak dari Frank Zappa, Dweezil, juga menjadi pemain rock. (sumber: WorldBook)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Frank Zappa, Gitaris Rock Serba Bisa dari Amerika"

Posting Komentar