Israel Zangwill, Novelis Yahudi yang Juga Pemimpin Zionis



Israel Zangwill (1864-1926), adalah seorang novelis Inggris dan tokoh drama terkenal karena karya-karyanya seputar tema Yahudi. Dia membuat reputasinya dengan novel The Children of the Ghetto (1892), kisah simpatik imigran Yahudi berjuang untuk bertahan hidup di distrik Whitechapel London.

Profile Israel Zangwill
Israel Zangwill
(Photo: Wikipedia)

Karya-karyanya yang lain pada mata pelajaran Yahudi termasuk novel Ghetto Tragedies (1893) dan kumpulan esai yang diterbitkan menjadi Dreamers of the Ghetto (1898).
Zangwill menuai kesuksesan dengan dramatisasi The Children of the Ghetto pada tahun 1899; dengan komedi ringan seperti Hanya Mary Ann (1904); dan dengan drama sosial, seperti melodrama The Melting Pot (1908) dan bermain antiperang The War God (1911).

Zangwill lahir pada bulan Januari atau Februari 1864, di London. Ayahnya adalah seorang pengungsi Yahudi Rusia. Zangwill mendapat pendidikan dari Yahudi Free School dan University of London. Dia menjadi anggota gerakan Zionis pada tahun 1896 dan tak lama kemudian menjabat sebagai pemimpinnya.

Tujuan Zionisme adalah untuk mendirikan sebuah tanah air Yahudi di Palestina. Kemudian dengan berbagai cara, Zangwill mencari daerah lain selain Palestina untuk penyelesaian orang Yahudi. Dia mendirikan Organisasi Wilayah Yahudi, kelompok yang menyelidiki lokasi untuk pembentukan sebuah negara Yahudi di Afrika, Argentina, Australia, dan Kanada. Zangwill meninggal pada 1 Agustus 1926.
(sumber: WorldBook)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Israel Zangwill, Novelis Yahudi yang Juga Pemimpin Zionis"

Posting Komentar