Kisah Dewa Zeus dalam Mitologi Yunani



Zeus merupakan pemimpin para dewa dalam mitologi Yunani. Zeus adalah dewa langit dan dewa cuaca, khususnya yang berkaitan dengan hujan, guntur, dan petir. Orang Yunani percaya bahwa ia adalah maha mengetahui dan maha melihat.

Dewa Zeus
Zeus
(Photo: Birney Lettick)

Zeus merupakan anak dari Cronus dan Rhea, anggota dewa sebelumnya yang berkuasa disebut Titans. Zeus dan anak-anak lain dari Cronus mengalahkan Titans. Zeus kemudian menggantikan tempat Cronus dan memerintah dari Gunung Olympus. Dia kemudian memimpin 12 dewa/dewi utama yang disebut Olympians. Beberapa dewa yang tingkatnya lebih rendah juga tinggal di Olympus.

Zeus mempunyai saudara, yakni dewa Hades dan Poseidon. Hades memerintah dunia bawah, dan Poseidon menguasai laut. Dewi Demeter, Hera, Hestia juga merupakan saudara Zeus.

Pada saat Zeus dihadirkan di tanah Yunani, agama lokal berdasarkan pada kesuburan. Setiap masyarakat memiliki dewa dan dewi kesuburan. Zeus kemudian memperistri Hera dan dewi-dewi lainnya yang mempunyai kasta lebih rendah.

Zeus memiliki banyak hubungan cinta dengan dewi dan wanita bumi, Zeus mempunyai banyak anak seperti dewi Aphrodite, dewa Apollo, Dionysus, Hermes dan para pahlawan Perseus juga Heracles (dalam bahasa latin disebut Hercules). Zeus sendiri melahirkan dewi Athena.

Dalam seni gambar Zeus dilukiskan sebagai berjenggot dan wibawa, sering memegang petir. Elang dan pohon Ek adalah simbol yang terkait dengan sosok Zeus.
(sumber: WorldBook)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kisah Dewa Zeus dalam Mitologi Yunani"

Posting Komentar