Kota Air Zhouzhuang, Venice dari Timur



Zhouzhuang adalah sebuah kota di provinsi Jiangsu, Cina. Kota ini terletak di kabupaten Kunshan, 30 km sebelah tenggara Suzhou. Apa yang unik dari kota Zhouzhuang ini?


Kota air Zhouzhuang (Photo: Wikipedia)
Kota air Zhouzhuang
(Photo: Wikipedia)

Tahukah Anda, kalau kota Zhouzhuang tidak mempunyai daratan sama sekali. Untuk berpindah tempat dekat saja harus menggunakan perahu atau jembatan yang sudh disediakan. Ya, inilah Kota Air!

Zhouzhuang menjadi tujuan wisata paling populer, Kota ini merupakan salah satu dari kota-kota air yang paling terkenal di Cina, terkenal karena latar belakang budaya, rumah tinggal kuno yang terawat dan pemandangan air yang elegan. Pantaslah kalau kemudian mendapat julukan "Venesia dari Timur". (Venesia/venice adalah kota air di Italia yang sangat terkenal)

Untuk menggantikan jalan raya, di kota Zhouzhuang terdapat 14 jembatan yang berfungsi untuk menghubungkan antar rumah warga. Kota ini juga merupakan kota kuno sejak pemerintahan dinasti Ming dan Qing. Sampai sekarang rumah-rumah di kota ini (hampir 60%) juga masih memiliki arsitektur lama dan masih teramat baik.

Karena keunikan tidak ada daratan, dan pemandangan jaman kuno yang menjadi daya tarik wisatawan luar negeri untuk melihat tempat yang unik ini. Bagaimana? Anda juga penasaran?
(sumber: wikipedia)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kota Air Zhouzhuang, Venice dari Timur"

Posting Komentar