Mayat Manusia Rawa Berusia 2000 Tahun



Mayat berusia 2000 tahun yakni antara dua tahun sebelum Masehi atau tahun 115 setelah Masehi yang masih utuh ini disimpan di British Museum, London.

Mayat Manusia Rawa
Pria malang itu diperkirakan meninggal dunia sekitar 2.000 tahun silam, yaitu antara dua tahun sebelum Masehi atau tahun 115 Masehi.
(Photo: Manchester Museum via BBCInondesia)

Ditemukan oleh seorang pemotong rumput yang tidak sengaja menemukannya di rawa-rawa gambut dekat Desa Cheshire, Inggris pada 34 tahun yang lalu.

Penelitian mengungkapkan tubuh manusia ini adalah pria berusia 25 tahun, tinggi sekitar 168 cm dengan berat antara 60-65 kg. Kondisi tubuhnya relatif utuh karena terendam dalam rawa-rawa gambut. Penemuan ini membuat kita semua bisa melihat perwujudan manusia pra-sejarah.

Lindow Man II
Mayat ini kemudian dikenal dengan sebutan Lindow Man II karena sebelunmnya pernah ditemukan juga mayat serupa ditempat yang sama. Penamaan Lindow man merujuk pada tempat ditemukannya, yakni kawasan rawa gambut Lindow moss

Mati Mengenaskan
Riset menyebutkan bahwa pria malang ini mati mengenaskan untuk ritual pengorbanan. Kepalanya dihajar benda berat dan tulang rusuknya dihancurkan. Temuan tali tipis pada leher mayat ini juga menunjukkan kalau manusia ini dicekik lebih dulu sebelum akhirnya pukul dan ditenggelamkan dalam rawa-rawa. Meskipun riset ini masih menjumpai perdebatan antar para ahli perihal pria ini dibunuh dalam ritual pengorbanan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mayat Manusia Rawa Berusia 2000 Tahun"

Posting Komentar