Mengenal Lebih Dekat Tentang Kentut Manusia



Apa sebenarnya kentut itu? Kenapa kentut bisa bau? Dan kenapa manusia itu kentut? Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut kami jabarkan dibawah ini

Fakta Tentang Kentut
Fakta seputar kentut
(image: netsains.net)

Berikut ini fakta tentang kentut atau Flatulensi:

1. Asal muasal kentut
Kentut terjadi karena dalam usus terdapat gas. Darimana datangnya gas tersebut? Gas ini bisa dari udara yang masuk ketika kita makan, gas dari reaksi kimia, dari bakteri yang ada dalam perut.

2. Kandungan kentut
Kentut mengandung 59% nitrogen, 21% hidrogen, 4% oksigen, 7% metana, dan 1% sulfur.

3. Kenapa kentut bau?
Bau yang dihasilkan oleh kentut berasal dari hidrogen sulfida dan merkaptan, senyawa ini mengandung sulfur di dalam makanan, makin banyak sulfur yang diproduksi oleh bakteri di dalam perut dan kentut makin berbau tidak enak. Protein berperan besar menghasilkan bau kentut, sedangkan kacang-kacangan berperan dalam memproduksi volume kentut.

4. Kenapa kentut keluar lewat anus?
Karena density-nya lebih ringan, kenapa gas kentut tidak melakukan perjalanan ke atas? Tidak demikian. Gerak peristaltik usus mendorong isinya ke arah bawah. Tekanan di sekitar anus lebih rendah. Gerak peristaltik usus menjadikan ruang menjadi bertekanan, sehingga memaksa isi usus, termasuk gas-nya untuk bergerak ke kawasan yg bertekanan lebih rendah, yaitu sekitar anus. Dalam perjalanan ke arah anus, gelembung-gelembung kecil bergabung jadi gelembung besar. Kalau tidak ada gerak peristaltik, gelembung gas akan menerobos ke atas lagi, tapi tidak terlalu jauh, karena bentuk usus yg rumit & berbelit-belit.

5. Orang meninggal bisa kentut
Jika seseorang meninggal, 3 jam kemudian tubuh akan terus memproduksi dan menghasilkan gas yang disebabkan oleh otot yang berkontraksi untuk terakhir kali, dan hal ini membuat gas tetap keluar dari jalur pencernaan dalam bentuk sendawa dan kentut

Sebenarnya masih banyak fakta dari kentut lainnya. Seperti ketika kita sedang tidurpun kita bisa kentut, ini biasanya kita menahan kentut seharian sehingga kentut akan dikeluarkan secara alami ketika otot dan tubuh rileks yakni pada saat kita tidur. Sebaiknya kita juga jangan sering-sering menahan kentut, karena bisa mengakibatkan kembung pada perut, wasir dan usus menjadi buncit. Meskipun beberapa dokter mengatakan bahwa menahan kentut tidak menjadi masalah.
(diolah dari beberapa sumber seperti: wikipedia, kompas dan kaskus)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengenal Lebih Dekat Tentang Kentut Manusia"

Posting Komentar