Mengenal Zapatista, Tentara Pembebasan Indian-Meksiko



Zapatista adalah Tentara Pembebasan Nasional yang biasa disebut Zapatista. Mereka adalah kelompok yang berusaha memperjuangkan hak-hak politik bagi penduduk asli Indian di Meksiko.

Subcomandante Marcos
Subcomandante Marcos
(Photo: Wikipedia)

Nama Zapatista diambil dari Emiliano Zapata, yang berjuang untuk hak atas tanah India selama Revolusi Meksiko 1910. Seorang pemimpin utama Zapatista adalah non-Indian yang dikenal juga dengan nama Subcomandante Marcos.

Zapatista menjadi terkenal pada 1 Januari 1994, ketika suku Maya Indian menguasai beberapa kota di negara bagian Meksiko selatan, Chiapas. Zapatista menuntut kondisi kehidupan bagi semua orang Indian di Meksiko. Pada awalnya, tentara Meksiko mencoba untuk menghancurkan pemberontakan dengan kekerasan. Namun protes di Meksiko dan negara-negara lain yang dipimpin pemerintah Meksiko akhirnya terjadi gencatan senjata pada 12 Januari 1994.

Pada tahun 1996, Zapatista dan pemerintah Meksiko menandatangani kesepakatan tentang hak-hak orang Indian. Pemerintah ingkar dalam perjanjian. Sebuah versi dari kesepakatan yang telah secara ekstensif diubah oleh Kongres Meksiko menjadi undang-undang pada tahun 2001 yang membuat Zapatista tidak mepunyai payung hukum.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengenal Zapatista, Tentara Pembebasan Indian-Meksiko"

Posting Komentar