Rusia Berlakukan UU yang Merugikan Para Blogger



Para blogger (penulis blog) Indonesia mungkin akan kasihan dengan teman sesama blogger yang berada di Rusia. Dimana sekarang Rusia memberlakukan Undang-Undang (UU) yang ketat terhadap aktivitas menulis para blogger.

UU Blogger Rusia
Poster yang berbunyi "Putin takut pada Navalny" di Kirov, Rusia (16/10/2013). Alexei Navalny merupakan blogger anti korupsi yang juga pemimpin oposisi
(image: AP via Voaindonesia.com)

Mulai Jumat (1 Agustus 2014) pemerintah Rusia mewajibkan para blogger yang mempunyai blog dengan visitor (kunjungan) lebih dari 3000 perhari harus melaporkan data diri mereka kepada pemerintah. Bahkan pemilik blog harus bertanggung jawab atas semua komentar-komentar yang ada diblog. Pemilik blog harus patuh terhadap semua peraturan undang-undang tersebut.

Bagi yang tidak patuh akan dikenakan denda yang tidak main-main. Organisasi yang tidak melaporkan blog nya akan dikenakan denda sebesar 14 ribu dolar, sedangkan kalangan blogger pribadi yang mbelot akan dikenai sangsi 1,400 dolar. Tidak hanya itu blog yang bersangkutan juga akan dicekal dari peredaran di wilayah Rusia.

UU Blogger ini menuai banyak protes, banyak yang berteriak bahwa ini akan menekan para penulis independen. Seperti dikabarkan VOAIndonesia.com, UU ini terkait ketakutan presiden Rusia Vladimir Putin akan penyebaran informasi pemerintah oleh kalangan blogger.

Roskomnadzor, pemantau media Rusia telah mengantongi tujuh blog yang harus melaporkan detil pemilik dan blognya. Diantaranya blog milik jurupotret Sergei Dolya, pelawak serta aktor Mikhail Galustyan, penulis radikal Eduard Limonov dan penulis novel Boris Akunin.

Alexei Navalny merupakan salah satu blogger anti korupsi yang juga pemimpin oposisi, mungkinkah Putin takut akan kicauan Navalny dalam blognya? (sumber: VOAIndonesia)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Rusia Berlakukan UU yang Merugikan Para Blogger"

Posting Komentar