Sejarah Lengkap Negara Zambia



Berikut ini sejarah negara Zambia, salah satu negara miskin di benua Afrika, diambil dari WorldBook;

Sejarah Negara Zambia
Zambia Map
(Image: MapQuest.com, Inc.)

Pada tahun 1851, misionaris Skotlandia David Livingstone menyeberangi Zambezi dari selatan. Dia menghabiskan hampir 20 tahun menjelajahi daerah.

Pada akhir 1800-an, Cecil Rhodes British South Africa Company membuat perjanjian dengan pemimpin Afrika di daerah. Pada tahun 1897, perusahaan bernama Rhodesia Utara didirikan untuk membedakannya dari wilayah selatan Zambezi, yang disebut Rhodesia Selatan.

Pada tahun 1924, pemerintah Inggris mengambil alih pemerintahan Rhodesia Utara dan menunjuk seorang gubernur. Tembaga telah ditambang di daerah selama ratusan tahun. Penemuan besar cadangan bijih tembaga di tahun 1920-an membawa orang Eropa berbondong-bondong kesini. Sepuluh tahun kemudian, pertambangan merupakan industri penting.

Setelah Perang Dunia II berakhir pada 1945, orang-orang Eropa meminta Inggris untuk mengambil kendali lebih besar dari pemerintah. Banyak menginginkan penggabungan Rhodesia Utara dengan Rhodesia Selatan. Namun Rhodesia Utara menentang tuntutan tersebut.

Pada tahun 1953, Inggris membentuk federasi Rhodesia Utara, Rhodesia Selatan, dan Nyasaland. Namun Afrika menentang federasi tersebut karena orang minoritas Eropa telah mengendalikan pemerintah di Rhodesia Selatan.

Federasi kemudian dibubarkan pada tahun 1963. Dan pada 24 Oktober 1964, Rhodesia Utara menjadi negara merdeka dengan nama Zambia. Kenneth Kaunda terpilih sebagai presiden pada tahun 1964 Ia terpilih kembali pada tahun 1968, 1973, 1978, 1983, dan 1988.

Rhodesia Selatan kemudian disebut Rhodesia setelah federasi dibubarkan. Pada tahun 1965, Rhodesia mendeklarasikan kemerdekaannya dari Inggris. Hubungan antara Zambia dan Rhodesia menjadi tegang karena pemerintah minoritas kulit putih Rhodesia menolak untuk memberikan sebagian Afrika suara yang lebih besar dalam pemerintahan.

Zambia mengalami masalah ekonomi yang serius di tahun 1970-an, 1980-an, dan 1990-an. Pada tahun 1973, Rhodesia melarang Zambia melakukan pengiriman barang di seluruh wilayahnya.

Pada tahun 1980, kulit hitam menguasai pemerintah Rhodesia, dan nama negara diubah menjadi Zimbabwe. Hubungan kemudian membaik antara Zambia dan Zimbabwe.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Sejarah Lengkap Negara Zambia"

Posting Komentar