Zhu Rongji, Perdana Menteri Cina yang Kharismatik



Zhu Rongji menjabat sebagai perdana menteri Cina dari tahun 1998 hingga 2003. Ia secara luas dianggap sebagai pembaharu ekonomi yang paling penting di Cina pada akhir tahun 1900-an dan 2000-an.

Zhu Rongji
Zhu Rongji
(Photo: Wikipedia)

Sebagai perdana menteri, Zhu menggantikan Li Peng dan bertanggung jawab atas kebijakan ekonomi China.
Dia bekerja untuk merestrukturisasi sistem Cina industri milik negara dan bank. Dia juga menjadi terkenal karena usahanya untuk merampingkan birokrasi pemerintah dan untuk memerangi korupsi.

Zhu lahir pada 1 Oktober 1928, di Changsha di Provinsi Hunan China. Ia belajar teknik elektro di Universitas Tsinghua di Beijing dan lulus pada 1951. Setelah lulus, ia menjadi wakil kepala kantor perencanaan produksi di Northeast China Ministry of Industries.

Pada tahun 1979, ketika Cina mulai melakukan reformasi ekonomi, Zhu diangkat menjadi Komisi Ekonomi Negara. Dari tahun 1988 sampai 1991 ia menjabat sebagai walikota Shanghai.

Zhu diangkat sebagai wakil perdana menteri dari Dewan Negara pada tahun 1991. Dari tahun 1992 sampai 2002, ia menjadi anggota Komite Tetap kuat dari badan pembuat keputusan Partai Komunis, Politbiro.
Selain itu, dari tahun 1993 sampai tahun 1995, Zhu menjadi pemimpin bank sentral China.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Zhu Rongji, Perdana Menteri Cina yang Kharismatik"

Posting Komentar