15 Tips KOMPLIT Belanja Online dengan Aman



Tahukah Anda bahwa nantinya orang lebih suka belanja lewat online, kemudahan bertransaksi dalam rumah tanpa perlu berdesak-desakkan, tanpa perlu bertarung dengan kemacetan membuat nantinya situs belanja online lebih diminati daripada toko fisik.

Ini Baru Tips Paling Komplit Belanja Online dengan Aman
Belanja online sangat menyenangkan tapi juga harus tetap waspada terhadap penipuan

Tapi belanja online juga sangat mudah kena penipuan, dalam sistem transaksi ini kita hanya berdasarkan saling percaya. Karena kita tidak berhadapan langsung dengan penjual.

Berikut ini tips berbelanja online dengan aman

1. Cek domain situs toko online tersebut.
Toko online yang serius harus mempunyai alamat situs yang berbayar (domain berbayar), tidak menumpang. Domain adalah alamat yang apabila diketikkan dalam addressbar browser akan menuju langsung ke toko online tersebut. Contoh domain berbayar misalnya Perpustakaanindonesia.com, ini adalah domain berbayar. Sedangkan domain gratisan atau numpang misalnya blablablabla.blogspot.com, blablablablabla.wordpress.com, blablablabla.tk dan lain-lain.

2. Cek informasi tambahan toko online
Cek juga halaman "About" -halaman yang menyebutkan deskripsi informasi kepemilikan, cek juga nomer telepon dan email dari toko online, dan pastikan nomor telepon tersebut bisa dihubungi.

3. Lihat tampilan toko online
Lihat juga tampilan situs online tersebut apakah terlihat profesional atau asal jadi. Meskipun tentu saja banyak juga situs abal-abal yang terlihat bagus dan profesional.
Sebisa mungkin untuk tidak bertransaksi dengan situs yang terkesan acak-acakan.

4. Minta rekomendasi ke teman
Anda juga bisa meminta rekomendasi ke teman yang sudah berpengalaman dalam belanja online.

5. Cek nomor telepon.
Anda bisa mengecek apakah nomor telepon situs tersebut pernah digunakan untuk menipu atau tidak, caranya Anda bisa searching atau googling dengan kata kunci nomor telepon tersebut. Nanti dihasil pencarian akan terpampang artikel-artikel yang membahas nomor telepon tersebut, dan silahkan tentukan apakah situs dengan nomor telepon tersebut aman atau tidak

6. Cek alamat email
Alamat email juga bisa digunakan untuk mengetahui mereka penipu atau tidak, caranya sama dengan poin 5 diatas.

7. Nomor rekening penjual
Tokok besar yang bonafid tentu menggunakan nama perusahaan sebagai nama rekening mereka. Tidak menggunakan rekening pribadi untuk transaksi. Ini tidak mutlak, karena banyak juga situs yang terpercaya masih menggunakan rekening dengan nama pribadi.
Nomor rekening ini juga bisa digunakan untuk mengetahui apakah rekening tersebut milik penipu atau bukan, caranya sama dengan poin 5 diatas.

8. Lebih waspada jika bertransaksi lewat forum
Jika Anda melakukan transaksi melalui forum, mislnya di forum Kaskus, pastikan Anda bertransaksi dengan member yang sudah terpercaya, mempunyai track record yang bagus. Cek juga apakah testimonial di lapak mereka bagus dan asli.

9. Jika bertransaksi melalui Facebook, Twitter dan sosial media lainnya.
Jangan bertransaksi pad akun yang baru Anda kenal, cek dan cermati apakah akun (account) mereka benar-benar nyata atau hanya akun abal-abal. Sebaiknya bertransaksi di sosial media hanya dengan orang yang sudah Anda kenal.
Rekomendasi kami jika bertransaksi di sosmed, orang tersebut harus mempunyai situs/web juga.

10. Jika tersedia, Gunakan COD saja
Cash on Delivery (COD) adalah sistem pembayaran pada bisnis online yang memungkinkan kita membayar langsung pada kurir toko tersebut. Jadi kita membayar ketika barang sampai dirumah. Jika situs online tersebut menyediakan jasa COD, maka lebih baik Anda menggunakan metode ini karena lebih aman.

11. Simpan salinan transaksi.
Selalu simpan salinan transaski Anda, jangan sampai Anda membuangnya. Ini akan berguna kalau untuk klaim kalau terjadi masalah.

12. Jangan terjebak pada diskon besar.
Banyak situs yang menuliskan diskon besar, jangan langsung percaya dengan diskon besar. Alih-alih ingin mendapatkan harga murah malah bisa jadi kena tipu.

13. Penggunakan kartu kredit
Jika Anda ingin membayar dengan kartu kredit, pastikan situs tersebut adalah sangat terpercaya!

14. Jangan langsung belanja dengan nominal besar
Jangan langsung belanja banyak item atau belanja barang dengan nominal tinggi. Belanja barang yang murah dulu untuk melihat seprofesioanl apa mereka.

15. Feeling.
Jika setelah membaca tulisan ini Anda masih bingung apa suatu situs terpercaya atau tidak, gunakan feeling Anda. Biarkan Anda menerka-nerka tentunya dengan dasar informasi diatas. Jika feeling Anda tenyata salah, jadikan itu suatu pengalaman berharga.

Selamat berbelanja, dan seharusnya berbelanja itu menyenangkan. Salam.
(sumber: perpustakaanindonesia.com)

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "15 Tips KOMPLIT Belanja Online dengan Aman"

Posting Komentar