4 Fakta Sejarah Pulau Bali yang Mengejutkan



Apa yang tersirat dalam benak Anda ketika mendengar kata pulau Bali? Tentu adalah daerah pariwisatanya yang sangat mendunia. Tapi tahukah Anda, Bali juga banyak mengandung fakta menarik, sejarah, penjajahan Belanda hingga terorisme. Ketahui tentang fakta sejarah pulau Bali yuk?

Fakta Pulau Bali yang Belum Banyak Diketahui
Selain panorama yang indah, Bali juga menyimpan banyak sejarah yang unik
(Photo by Raditya Margi / JakPost Travel)

Berikut ini fakta sejarah pulau Bali yang kami ambil dari laman The Travel Jakarta Post.

1. Pura Besakih lolos daru letusan Gunung Agung
Bali pernah mengalami bencana alam besar pada tahun 1963 ketika gunung berapi terbesar di pulau, Gunung Agung, meletus.

Banyak bangunan dan daerah sekitar menjadi korban lahar dan abu vulkanik. Letusan menewaskan sedikitnya 1.500 orang dan menghancurkan 62,000 hektar lahan.

Pura Besakih, terbesar dan paling penting kuil di Bali, terletak hanya 6,5 ​​kilometer dari Gunung Agung. Namun, mungkin karena memang sudah kehendak tuhan pura tersebut sama sekali tidak rusak.

2. Bali memiliki spesies harimau
Dalam klasifikasi taksonomi, ada subspesies harimau yang paling bagus, dan harimau Bali (Panthera tigris balica) adalah salah satu dari mereka . Sayangnya, subspesies ini sekarang sudah punah bersama dengan dua subspesies lain, harimau Jawa dan harimau Kaspia.

(Baca juga: Gumuk Pasir Parangkusumo)

3. Agama Hindu Bali berasal dari Jawa
Agama Hindu di Bali diyakini berasal dari pulau Bali ketika terjadi eksodus besar-besaran pengungsi kerjaan Hindu Majapahit terjadi invasi oleh kerajaan Islam. Namun, menurut Robert Pringle dalam A Short History of Bali menyatakan perkembangan awal agama Hindu di Bali telah terjadi selama beberapa abad.

Namun demikian, Bali memang memiliki hubungan yang kuat dengan kerajaan Majapahit, dan Bali pernah menikmati zaman keemasan di bawah pemerintahan Majapahit.

4. Pergi tanpa baju itu adalah norma

Lukisan Orang Bali
Kehidupan di Bali by I. Nyoman Lesug: Keluar tidak mengenakan baju tidak dianggap tidak sopan di Bali sampai sekitar setengah abad yang lalu
(Photo by Raditya Margi / JakPost Travel)

Pergi topless sangat umum di antara orang Bali sampai akhir 1950-an; itu adalah norma yang diterima untuk pria dan wanita.

Potret tradisi ini dapat dilihat pada banyaknya seni dan lukisan yang terinspirasi oleh kebiasaan ini di museum Bali, yang bahkan dibuat oleh seniman saat ini.

George Krause merupakan salah satu seniman pertama yang fokus pada daya tarik feminin Bali melalui karya-karyanya tahun 1920, termasuk serangkaian foto-foto disertai dengan esai tentang budaya pulau.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "4 Fakta Sejarah Pulau Bali yang Mengejutkan"

Posting Komentar