4 Tips Mengkonsumsi Garam Agar Seimbang



Makanan tanpa garam tentulah hambar, tetapi kebanyakan garam juga tidak baik. Tentu kita harus cari keseimbangan dalam mengkonsumsi garam agar kebutuhan garam pada tubuh kita terpenuhi, pun tidak berlebihan.

Konsumsi Garam pada Makanan yang kita Konsumsi Harus Seimbang
Konsumsi Garam pada Makanan yang kita Konsumsi Harus Seimbang[/caption]

Terus bagaimana cara untuk mengontrol garam yang kita konsumsi? Mudah saja, ikuti saja 4 tips mengontrol asupan garam berikut ini, diambil dari laman womansday.com

1. Masak sendiri.
Meskipun pada kemasan makanan sudah tertera kandungan garam atau natrium, tetap saja itu hanya sekedar tulisan. Kita tidak tahu seberapa persis kandungan garam tersebut. Cara yang paling aman adalah dengan memasak sendiri. Jadi kita bisa menentukan seberapa banyak garam yang kita gunakan. Apalagi makanan kaleng banyak mengandung Mono Sodium Glutamat (MSG) yang tentunya mengandung natrium.

2. Menambah bumbu pada masakan
Kita bisa mensiasati garam dengan menambahkan bumbu yang lebih banyak pada masakan kita. Sehingga tanpa perlu garam yang banyakpun masakan kita sudah berasa enak.


3. Sebisa mungkin hindari makanan kalengan
Natrium banyak dijadikan bahan pengawet pada makanan, inilah yang membuat makanan kaleng biasanya mempunyai kadar natrium yang tinggi. Jadi batasi mengkonsumsi makanan kalengan, konsumsi makanan segar dan fresh itu lebih baik.

4. Baca label pada makanan
Sebaiknya Anda mengkonsumsi tidak lebih 1500 mg natrium/sodium dalam sehari, jadi bacalah label yang tertera pada kemasan makanan yang Anda konsumsi.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "4 Tips Mengkonsumsi Garam Agar Seimbang"

Posting Komentar