5 Makanan 'Haram' Bagi Ginjal



Ginjal merupakan organ tubuh yang sangat penting, jangan sampai kita mengalami gagal ginjal karena lalai dalam mengkonsumsi beberapa makanan. Peran ginjal sangatlah vital, ginjal berfungsi untuk menyaring sampah atau racun dalam darah yang kemudian akan mengeluarkannya melalui urine.


Bentuk ginjal cukup kecil, dia seperti dua buah kacang, letaknya di bagian bawah punggung dari rongga perut. Tahuhkah Anda, bahwa penyakit ginjal banyak diakibatkan karena mengkonsumsi makanan tertentu, makanan tersebut tidak kita sadari bisa memicu terjadinya gagal ginjal. Anda tentu tidak mau menderita penyakit berbahaya ini bukan? Jadi tinggalkan makanan dibawah ini agar ginjal Anda tetap sehat:

1. Garam
Penderita ginjal sebaiknya tidak mengkonsumi garam berlebih pada makanan. Jika Anda kelebihan garam pada tubuh, ginjal akan menahan air yang dapat menencerkan elektrolit di aliran darah. Ini kemudian akan membuat aktivitas jantung dalam memompa darah ketubuh jadi terganggu.

2. Daging
Daging bisa menjadi momok menakutkan bagi ginjal, kandungan protein hewani pada daging akan memberatkan kinerja ginjal. Ginjalpun akan gagal dalam menyaring limbah yang diakibatkan oleh daging.

Penelitian yang terdapat dalam European Journal of Nutrition tahun 2003 menyebutkan, makanan yang kaya akan protein hewani sangat besar pengaruhnya dalam pembentukan asam urat dan batu ginjal. Sedangkan protein nabati bisa menurunkan resiko asam urat dan batu ginjal. Perlu Anda ketahui, asam urat adalah penyebab utama terjadinya batu ginjal. Jadi dengan mencegah kita dari asam urat, maka kita juga bisa meminimalkan resiko terkena batu ginjal.

Jika melihat dari hasil penelitian diatas, maka sangat baik jika Anda melakukan diet vegatarian agar ginjal Anda tetap sehat.

[sc:garesponsive]
3. Pemanis Buatan
Mengkonsumis pemanis buatan dapat menurunkan fungsi ginjal hingga dua kali lipat. Pemanis buatan banyak terdapat dalam minuman soda dan sebagainya. Kesimpulan ini berdasarkan penelitian tiga ribu responden dalam penelitian yang dilakukan para ahli dari Brigham and Women's Hospital

4. Kafein
Ini yang banyak tidak disadari oleh orang, bahwa kafein juga andil besar dalam merusak fungsi ginjal. Kafein akan merangsang aliran darah lebih cepat sehingga menimbulkan stress pada ginjal. Sebaiknya mulai sekarang hindari konsumsi kafein berlebihan, karena dalam jangka panjang kafein akan bertanggung jawab dalam penyakit gagal ginjal, diabetes, obesitas dan pembentukan batu ginjal.

Kafein biasa ditemukan dalam kopi dan soda. Bahkan teh juga mengandung kafein, lho. Meski demikian bukan berarti Anda harus anti kafein, yang terpenting adalah tidak mengkonsumsi secara belebihan dan selalu cukupi kebutuhan air putih pada tubuh Anda.

5. Minuman Bersoda
Jika Anda menyukai minuman jenis ini, maka diharapkan setelah membaca artikel ini Anda segera menghindari minuman bersoda. Dengan atau tanpa pemanis buatan, minuman bersoda terbukti dapat mengakibatkan terjadinya pembentukan batu ginjal.

Sebuah penelitian terbaru menyebutkan, meminum dua gelas atau lebih minuman bersoda setiap hari dapat meningkatkan resiko terkena gagal ginjal akut. Daripada Anda membiasakan minuman bersoda, kenapa tidak menggantinya dengan air putih, jauh lebih menyehatkan daripada minuman berwarna lainnya.
(kredit: meetdoctor.com)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Makanan 'Haram' Bagi Ginjal"

Posting Komentar