5 Pantai Paling Indah di Pacitan, Jawa Timur



Dua pemandangan Pacitan yang paling terkenal adalah gua dan pantai. Kontur geografis di sisi selatan Pacitan terdiri dari bukit-bukit yang dibentuk oleh proses geologi jutaan tahun yang lalu.

Obyek Wisata Pantai Buyutan Pacitan
Pantai Buyutan
(Photo by Stefanus Ajie / JakPost Travel)

Bukit-bukit yang oleh penduduk setempat disebut Gunung Sewu adalah dataran tinggi yang membentang dari Wonosari di Yogyakarta sampai Tulungagung di Jawa Timur. Semua pantai yang indah tersembunyi di balik bukit tersebut

Untuk sampai ke pantai, kita harus melewati jalan berbukit melalui hutan yang cukup lebat. Tapi perjalanan itu semua tidak akan sia-sia setelah Anda melihat hamparan pasir putih yang luas membentang di depan Anda.

Berikut daftar lima pantai yang indah di dekat Pacitan:

1. Pantai Klayar
Pantai Klayar adalah tempat paling favorite bagi wisatawan dibandingkan keemapat pantai lainnya. Pantai ini terletak di desa Kalak.

Dari pintu masuk Anda langsung disambut oleh deretan pohon kelapa sampai pantai berpasir putih. Ada formasi unik dari batu-batu di sisi timur pantai. Batuan ini terbentuk oleh abrasi air laut dan angin selama ribuan tahun, menciptakan formasi menara.

Dekat batu ada juga air mancur alami, yang hanya muncul bila batu terkena gelombang besar. Klayar adalah tujuan terkenal di Pacitan dan selalu ramai dengan wisatawan selama liburan. Tempat ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap, seperti area parkir, warung makan sederhana dan kios-kios souvenir.

2. Pantai Buyutan
Pantai Buyutan terletak di belakang sebuah bukit di desa Widoro. Ada sebuah batu besar di lepas pantai yang merupakan landmark dari pantai ini. Dari atas bukit, Anda bisa menikmati pemandangan luas Samudera Hindia.
Pantai luas dan tenang dengan pasir berbatu, menjadikan tempat yang ideal jika Anda sedang mencari kesendirian.

3. Pantai Banyu Tibo
Pantai ini masih terletak tidak jauh dari Buyutan, masih di desa Widoro. Pantai dikelilingi oleh tebing kecil yang oleh penduduk setempat sering digunakan untuk memancing.

Ada jalan kecil untuk sampai ke pantai, yang hanya bisa dilalui satu mobil, tapi disarankan untuk memarkir mobil di rumah desa dekat jalan utama tidak jauh dari pantai.

4. Pantai Srau
Pantai Srau terletak di Pringkuku, terdiri dari tiga teluk kecil yang dipisahkan oleh bukit-bukit berbatu. Setiap teluk memiliki pantai pasir putih yang bersih dengan kondisi alam yang masih alami.

Sisi timur pantai merupakan daerah yang ramai dengan tempat parkir, warung makanan dan kios-kios souvenir. Sedangkan sisi barat pantai lebih tenang dan sunyi, tempat yang sempurna untuk berkemah.

Untuk menikmati pemandangan paantai yang sedikit berbeda, Anda bisa berjalan-jalan ke puncak bukit disamping pantai, tempat ini biasa digunakan untuk memancing bagi penduduk setempat. Tapi Anda harus berhati-hati saat melintasi jalan sempit dan berbatu di tepi tebing.

5. Pantai Watu Karung
Pantai Watu Karung Pacitan terletak tidak jauh dari Srau, masih di Pringkuku. Pantai ini adalah surga bagi peselancar, sehingga pantai ini lebih populer di kalangan wisatawan asing daripada lokal.

Tempat terbaik untuk berselancar berada sisi timur pantai, yang memiliki gelombang menengah yang cocok untuk pemula maupun surfer profesional.

Waktu terbaik untuk berselancar di Watukarung adalah dari bulan April sampai Oktober. Tidak ada penyewaan papan selancar di Watu Karung, sehingga Anda harus membawa papan sendiri.
(sumber: JakPost Travel)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Pantai Paling Indah di Pacitan, Jawa Timur"

Posting Komentar