5 Sebab Kenapa Menstruasi Anda Tidak Teratur



Ladies, apakah tamu bulanan Anda sering datang tidak tepat waktu? Kenali penyebabnya, karena bisa saja itu akan berdampak pada kesehatan Anda.

Kenapa Haid Tidak Teratur?
Penyebab kenapa haid tidak teratur

Selain karena kehamilan, haid tidak teratur bisa saja karena gangguan ringan, tapi bisa saja gangguan serius yang harus diperiksakan ke dokter. Yuk, kenali penyebab menstruasi tidak teratur;

1. Karena Pil Kontrasepsi
Pil pengontrol kehamilan bisa juga menyebabkan haid tidak teratur, ini adalah efek samping dari Pil KB dosis rendah dan tidak membahayakan.

2. Hormon Tidak Stabil
Haid tidak teratur bisa karena hormon tidak seimbang. Ini karena tidak ada keseimbangan antara otak, kandung telur, kelenjar di otak, serta kelenjar tiroid. Jadi jika alur tersebut terganggu maka akan menyebabkan haid tidak teratur.

3. Gangguan Pada Kelenjar Tiroid
Ladies, kelenjar tiroid pada leher berguna untuk mengatur metabolisme tubuh. Kelenjar tiroid juga berhubungan dengan berbagai sistem tubuh lainnya agar berjalan dengan semestinya. Namun bila terdapat ketidakseimbangan pada tiroid, (hipotiroid ataupun hipertiroid) maka siklus menstruasi juga akan terganggu.

4. Stress
Bagian otak yang disebut Hypothalamus sangat terpengaruh oleh stress, bagian otak inilah tempat bernaungnya hormon yang mengatur siklus menstruasi. Jadi jika Anda stress makan akan berpengaruh pada bagian otak Hypothalamus yang otomatis akn menggangu pula pada siklus haid. (sumber: Women's Health / dr. Alyssa Dweck, M.D.)

5. Berat Badan Turun Drastis
Wanita yang tiba-tiba berat badannya turun secara drastis biasanya akan mempunyai siklus haid yang tidak teratur. Sedangkan penyebab penurunan berat badan secara drastis bisa disebabkan gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia.

Demikian, Ladies. Penyebab utama kenapa haid tidak teratur. Sebaiknya perikasakan diri kedokter jika memang siklus haid Anda tidak teratur. Nanti dokter akan menentukan apakah gangguan tersebut 'hanya' karene hormon atau karena penyakit.
(sumber: vemale.com)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Sebab Kenapa Menstruasi Anda Tidak Teratur"

Posting Komentar