5 Tips Atasi Nyeri Ketika Menstruasi



Nyeri menstruasi bisa menjadi langganan bulanan pada wanita, kadang datang dengan nyeri yang biasa saja tapi sering juga nyeri haid begitu menyakitkan sehingga untuk berktifitas saja menjadi malas atau kurang fokus.

Cara mengobati nyeri saat datang bulan
Nyeri saat menstruasi


Meskpun nyeri menstrusasi (biasanya pada perut) adalah normal karena terjadi peluruhan di rahim, rasa nyeri tersebut bisa saja begitu menyiksa.

Berikut ini 5 cara atasi nyeri haid secara alami jika nyeri tersebut masih ringan

1. Perbanyak minum air dan konsumsi makan sehat
Selama haid perbanyak minum air dan konsumsilah hanya makana sehat, bukan makanan cepat saji. Hindari juga makanan yang mengandung banyak garam karena makanan ini lebih mudah mengikat air sehingga tubuh menjadi berat dan lebih sesak.

2. Lakukan senam haid
Sekarang banyak senam-senam yang dikhusukan untuk senam selama menstuasi. Anda bisa mencari video tutorialnya di Youtube. Duduk dan berdiam diri saja malah akan membuat semakin nyeri, jadi lakukan gerakan ringan agar tubuh menjadi lebih nyaman.

(Baca juga: Yang Perlu Dihindari Ketika Hamil)

3. Hindari makanan dan minuman yang membuat perut kembung
Sebaiknya hindari dulu brokoli, kol, kopi, bunga kol serta makanan yang membuat kembung lainnya. Jika perut Anda kembung makan akan membuat rasa nyeri semakin terasa.

4. Berbaring dengan kepala lebih tinggi.
Untuk mengurangi rasa nyeri, beraringlah dengan kepala lebih tinggi. Ini akan mengurangi rasa nyeri di perut bagian bawah dan punggung.

5. Lakukan kompres pada perut
Gunakan kantong kompres atau kain untuk mengompres bagian yang terasa nyeri. Air hangat tersebut akan membuat tubuh Anda lebih rileks.
(sumber: newsmaxhealth.com)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Tips Atasi Nyeri Ketika Menstruasi"

Posting Komentar