6 Jenis Teh Kesehatan yang Sebaiknya Anda Tahu



Meskipun secaram umum semua jenis teh mempunyai manfaat sama yakni mencegah kanker, memperlambat penuaan karena kandungan antioksidanya, namun untuk jenis teh yang berbeda memiliki manfaat yang lebih spesifik lagi.

Daftar jenis teh untuk kesehatan

Kandungan vitamin C yang ada pada teh juga dapat mencegah berbagai penyakit ringan seperti masuk angin. Berikut ini jenis-jenis teh dan manfaat yang terkandung didalamnya, seperti diberitakan laman Woman Daily Magazine:

1. Teh hibiscus
Teh ini terbuat dari bunga Rosela atau Hibiscus sabdariffa yang banyak terdapat di Asia dan Afrika, teh ini sanggup memerangi kolesterol dan menurunkan tekanan darah

2. Teh chaga
Teh chaga bersifat anti-inflamasi yang membantu melancarkan pencernaan dan mengobati perut kembung dan penyakit perut lainnya. Bukan hanya itu saja, manfaat utama dari teh ini adalah sebagai boster kekebalan tubuh. Teh chaga terbuat dari jamur chaga yang tumbuh hanya didataran tinggi dengan suhu 45 derajat.

3. Teh oolong
Berasal dari dedaunan Camellia sinensis, sebuah tanaman yang ada di pegunungan tinggi provinsi Fujian, Tiongkok. Teh ini biasa dijadikan suplemen diet penurunan berat badan. Dan bagus bagi penderita diabetes serta penderita masalah kolesterol.

4. Teh putih
Sama halnya dengan Teh oolong, teh ini juga terbuat dari varietas Camellia sinensis, bedanya terbuat dari tunas yang masih belum terbuka. Dalam proses pembuatannya, teh putih tidak banyak mendapatkan sentuhan proses yang panjang, ini menyebabkan teh putih memiliki kandungan antioksidan polifenol dan katekin yang jauh lebih tinggi dari jenis teh lainnya. Secangkir teh putih ini saja bisa disamakan dengan kandungan antioksidan sebanyak 12 gelas jus jeruk. Mantap!

5. Teh hitam
Ini merupakan jenis teh yang mengandung kefein lebih banyak daripada jenis teh lainnya. Kandungan teofilin-nya mampu mempertahankan tekanan darah normal dan meningkatkan aliran darah. Konsumsi rutin teh hitam dapat meminimalkan resiko stroke.

6. Teh hijau
Teh ini mungkin yang paling populer di Indonesia, terbukti telah banyak bahan makanan dan suplemen kesehatan yang mengklaim terbuat dari sari teh hijau.

Teh hijau memang telah terbukti mempunyai segudang manfaat kesehatan seperti; mencegah kolesterol, meminimalkan stroke, mencegah penyaki alzheimer, parkinson. Tidak hanya sampai disini, teh hijau juga mampu menghambat pertumbuhan kanker pada kandung kemih, payudara, perut, paru-paru, dan pankreas.

Hebatnya lagi, teh hijau mempunyai kandungan fluoride yang bagus untuk gigi dan gusi Anda.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "6 Jenis Teh Kesehatan yang Sebaiknya Anda Tahu"

Posting Komentar