8 Efek Samping Serius Biji Adas yang Seharusnya Anda Tahu



Biji adas biasanya digunakan untuk rempah-rempah, pengobatan herbal, dan juga disedu sebagai minuman. Biji adas memang mempunyai manfaat untuk kesehatan bila dikonsumsi dalam jumlah kecil. Untuk diketahui biji adas lain dengan jintan, meski sekilas bentuknya sangat mirip.

Manfaat buruk biji adas
Selain menyehatkan biji adas juga mempunyai efek samping yang buruk bagi tubuh


Penggunaan jangka panjang yang berlebihan dari biji adas ini dapat menyebabkan efek samping. Bila Anda menggunakan biji adas untuk tujuan obat, sangat dianjurkan dalam dosis yang sudah ditentukan. Jangan pernah mengkonsumsi biji ini secara berlebihan, karena tenyata biji adas mempunyai beberapa efek samping yang serius.

Jadi selain menyehatkan, biji Adas juga mempunyai efek buruk, seperti dilansir dilaman stylecraze.com ini:

1. Fotodermatitis
Biji adas dapat menyebabkan reaksi alergi terhadap seseorang yang sensitif. Ini dapat memicu fotodermatitis dan menyebabkan ruam kulit pada paparan sinar matahari setelah mengkonsumsi biji adas. Biasanya reaksi tersebut terjadi pada orang yang juga alergi dengan dill dan wortel.

2. Menyebabkan kontak dermatitis
Penggunaakn minyak adas pada kulit sensitif dapat menyebabkan kontak dermatitis. Minyak adas juga dapat menyebabkan mual dan muntah jika tertelan walau dalam jumlah sedikit.

3. Interaksi dengan obat
Biji adas dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu, seperti obat anti-epilepsi. Biji adas juga dapat meningkatkan risiko kejang bagi orang dengan penyakit epilepsi.

4. Menyebabkan thelarche
pastikan ketika mengkonsumi teh adas atau adas dengan jumlah sedang. Banyak penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan berlebihan teh adas akan menyebabkan thelarche (tumbuhnya payudara lebih dini) pada bayi yang baru lahir.

5. Penurunan laktasi
Biji adas mengandung senyawa anethole yang phyto-esterogens. Zat-zat ini mengurangi produksi ASI jika digunakan dalam jumlah yang berlebih.

6. Stimulasi pada uterus
Biji adas dapat dikonsumsi dalam jumlah terbatas selama kehamilan karena merupakan stimulan uterin. Namun, juga biji ini mempengaruhi laktasi pada ibu menyusui.

7. Meningkatkan risiko kanker
Penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan berlebihan biji adas dengan bumbu dan rempah-rempah tertentu lainnya dapat meningkatkan risiko beberapa jenis kanker. Anda harus menghindari konsumsi tarragon, kemangi, serai, adas manis, adas bintang, pala dan merica Jamaika dengan biji adas.

8. Menghambat enzim
Biji adas memiliki unsur yang menghambat metabolisme obat enzim sitokrom P450 3A4. Oleh karena itu disarankan untuk hati-hati mengkonsumsi biji adas dengan obat yang dimetabolisme oleh enzim ini.

Konsumsi biji adas dengan jumlah kecil tidak dapat menyebabkan efek samping. Namun, orang yang alergi terhadap biji adas dapat menunjukkan tanda-tanda ketidaknyamanan karena efek samping. Orang yang mengkonsumsi biji adas dalam jumlah besar pada jangka panjang mungkin rentan terhadap efek samping. Segera menghentikan penggunaan biji adas jika Anda mengalami efek samping. Jika Anda menggunakan biji adas untuk tujuan pengobatan, harus dilakukan secara ketat dan dibawah pengawasan ahli. Dan berikut ini: manfaat biji adas untuk kesehatan jika dikonsumsi tidak berlebihan

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "8 Efek Samping Serius Biji Adas yang Seharusnya Anda Tahu"

Posting Komentar