8 Makanan yang Seharusnya Mulai Dihindari



Jika Anda tidak makan suatu makanan tertentu, itu mungkin karena Anda tidak menyukai rasanya. Tapi ada banyak makanan lezat yang ternyata berbahaya bagi kesehatan kita. Berikut adalah 8 makanan yang seharusnya Anda hindari, atau mulai dikurangi tingkat konsumsinya, seperti dilansir lifehacker.co.in

Makanan favorite semua orang ini ternyata berbahaya bagi kesehatan

1. Roti Tawar / roti putih
Roti jenis ini memang biasa dimakan diseluruh dunia. Terlepas dari kenyataan bahwa roti tawar hampir tidak memiliki gizi, roti ini juga berisi gula dan membuat Anda merasa cepat lapar. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang makan terlalu banyak roti putih lebih mungkin mendapatkan berat badan yang tidak diinginkan dalam 12 tahun. Ganti roti putih Anda dengan roti gandum yang merupakan sumber gamma oryzanol. Roti gandum jika dikonsumsi secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol.

2. Kecambah
Banyak penggemar diet makanan memilih kecambah untuk menu mereka. Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa kecambah seperti kacang, alfalfa, brokoli dan kacang putih telah menyebabkan sedikitnya 40 wabah penyakit yang signifikan pada makanan selama 20 tahun terakhir. Hal ini disebabkan fakta bahwa kecambah bisa terkontaminasi E. coli, salmonella, dan listeria. Kecambah membutuhkan kondisi lembab untuk tumbuh yang mana kondisi ini merupakan temat favorit para bakteri tersebut. Jika Anda memaksa ingin mengkonsumsi kecambah, pastikan untuk memasak terlebih dahulu.

3. Makanan dengan pewarna buatan
Beberapa studi telah menunjukkan hubungan antara warna makanan buatan dan hiperaktif pada anak-anak serta kanker pada hewan. Hindari makanan kemasan yang menggunakan warna makanan buatan. Selalu membaca label yang tertera pada bungkus makanan dengan seksama sebelum Anda membelinya.

4. Garam meja

Anda mungkin tidak bisa hidup tanpa garam. Tapi jenis garam yang dibutuhkan tubuh Anda sebenarnya sangat berbeda dari garam meja biasa. Garam alami dan garam meja sebenarnya sesuatu yang berbeda. Jika Garam alami memiliki khasiat menyembuhkan, pada garam meja malah memiliki efek merusak. Garam olahan ini terdiri dari 98% natrium klorida, dan 2% bahan kimia. Sedangkan garam alami mengandung sekitar 84% natrium klorida dan 16% terdiri dari mineral alami lainnya seperti fosfor, silikon, dan vanadium. Beralih sekarang ke garam murni/alami.

5. Buah Stroberi Non-organik
Stroberi Non-organik menggunakan banyak pestisida berbahaya dalam proses tanamnya. Beralih ke stroberi organik yang bebas bahan kimia. Bahkan bila perlu beralihlah ke semua buah organik.

6. Makanan kaleng

Lapisan resin kaleng mengandung bisphenol-A (BPA). Ini adalah estrogen sintetis terkait dengan beberapa penyakit mulai dari penyakit jantung dengan masalah reproduksi, obesitas dan diabetes. Menurut studi, kandungan berlebih BPA dalam tubuh menyebabkan kerusakan kromosom pada telur hewan dan menekan produksi sperma. Sebuah makanan kaleng mengandung sekitar 50 mikrogram BPA per liter. Oleh karena itu pilihlah produk segar, organik daripada makanan kaleng.

7. Pemanis buatan
Penelitian oleh University of Texas mengungkapkan bahwa tikus yang diberi makanan dengan pemanis buatan memiliki kadar gula darah lebih tinggi dari tikus yang tidak diberi pemanis. Untuk itu beralihlah ke pemanis alami.

8. Cokelat putih
Cokelat juga dapat memiliki banyak manfaat kesehatan. Jenis cokelat yang Anda pilih dapat membuat perbedaan besar pada kekuatan otak Anda. Cokelat putih tidak memiliki terlalu banyak manfaat kesehatan. Semakin gelap coklat, semakin sehat coklat tersebut.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "8 Makanan yang Seharusnya Mulai Dihindari"

Posting Komentar