Biografi Vladimir Kosma Zworykin



Vladimir Kosma Zworykin (1889-1982), adalah seorang fisikawan Amerika dan insinyur elektronik kelahiran Rusia. Dia banyak berjasa dalam kemajuan radio, televisi, dan mikroskop elektron.

Sejarah Vladimir Zworykin
Vladimir Kosma Zworykin (1889-1982)
(Photo copyright The Granger Collection)

Zworykin datang ke Amerika Serikat pada 1919. Pada tahun 1920, Westinghouse Electric Company mempekerjakannya sebagai insinyur penelitian untuk salah satu departemen perusahaan tersebut. Zworykin menemukan iconoscope dan kinescope pada 1923, iconoscope adalah tabung kamera televisi pertama yang berhasil dibuat, dan kinescope adalah versi awal dari tabung gambar televisi. Ketika bekerja di Westinghouse, Zworykin juga belajar fisika di University of Pittsburgh. Dia menerima gelar Ph.D. gelar dari universitas pada tahun 1926.

Pada tahun 1929, Zworykin bergabung dengan Radio Corporation of America (RCA) sebagai direktur riset elektronik. Di RCA, dia membantu mengembangkan mikroskop elektron. Ia menjadi wakil presiden RCA pada tahun 1947. Pemerintah AS memberikan Zworykin National Medal of Science, pada tahun 1966.

Zworykin lahir pada tanggal 30 Juli 1889, di Murom, Rusia, dan lulus dari Petrograd Institut Teknologi pada tahun 1912 dengan gelar di bidang teknik listrik. Dia kemudian belajar di Paris, di mana ia melakukan penelitian terhadap sinar X dengan fisikawan Paul Langevin. Zworykin kembali ke Rusia saat Perang Dunia I dimulai pada tahun 1914. Vladimir Kosma Zworykin meninggal pada tanggal 29 Juli 1982.
(sumber: WorldBook)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Biografi Vladimir Kosma Zworykin"

Posting Komentar