Fakta Lengkap Negara Yaman



Yaman adalah sebuah negara di ujung barat daya Semenanjung Arab. Sebagian besar orang Yaman adalah Muslim Arab.
Ibukota negara Yaman adalah Sanaa, yang juga merupakan kota terbesar di negara itu. Meskipun sebagian besar iklim di Yaman panas dan kering, tapi ada banyak daerah yang subur yang mendukung pertanian.

Suasana kota Sanaa, Yaman
Sanaa adalah ibu kota Yaman. Kota ini dikelilingi oleh dinding. Lalu lintas masuk dan keluar melalui salah satu dari delapan gerbang
(Photo by A. Tessore, Shostal)

Pada tahun 1990, dua negara -Republik Yaman Arab, juga disebut Yaman Utara, dan Republik Demokratik Rakyat Yaman, atau Yaman Selatan- bergabung membentuk Republik Yaman (ROY). Dan sekarang, ROY disebut sebagai Yaman.

Pemerintahan Pusat
Yaman dipimpin oleh seorang presiden. Kemudian presiden menunjuk wakil presiden, anggota kabinet, dan perdana menteri. Parlemen terdiri dari DPR dan Dewan Shura. Rakyat memilih 301 anggota DPR yang akan menjabat selama enam tahun. Presiden menunjuk 111 anggota Dewan Shura.

Pemerintah Daerah.
Yaman memiliki 20 provinsi. Selain itu, ibukota, Sanaa, membentuk wilayah administrasi yang terpisah. Provinsi-provinsi memiliki divisi yang lebih kecil yang disebut kabupaten. Anggota dari kedua dewan provinsi dan kabupaten dipilih oleh rakyat.


Sejarah singkat negara Yaman
Orang-orang telah tinggal di Yaman selama ribuan tahun. Dari tahun 1.000 SM sampai 500 M, Yaman menyediakan rute perdagangan yang disebut dengan "rute dupa (kemenyan)" yang diperuntukkan perdagangan barang dari timur dan selatan yang dihargai oleh peradaban besar di utara. Beberapa kerajaan melakukan perdagangan sepanjang rute ini, yang paling terkenal adalah Kerajaan Saba, diperintah oleh Ratu Sheba. Kemakmuran negara-negara ini berakhir ketika Roma membuat Laut Merah sebagai jalan utama perdagangan mereka, menggeser kepopuleran dari "rute kemenyan"

Di tahun 632 M, Yaman menjadi salah satu negara pertama kali diperkenalkan ke Islam. Kerajaan Zaidi didirikan di Yaman Utara pada tahun 897, sehingga membuat dataran tinggi utara menjadi basis dari penganut Zaidi Shī`ah Islam. Di selatan, terdapat penganut Shafii Islam Sunni yang telah mendominasi sejak tahun 1100-an. Pada saat itu, pusat dunia Islam telah bergeser ke timur, tepatnya Baghdad, meninggalkan Yaman di luar arus utama.
(sumber: WorldBook)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Fakta Lengkap Negara Yaman"

Posting Komentar