Gunung Slamet akan Selamat!



Gunung Slamet akan selamat seperti namanya. Setidaknya itu menjadi doa kita semua mengingat gunung di Jawa Tengah ini baru saja meletus lagi, mengeluarkan pijaran yang tertinggi semanjak status siaga. Letusan setinggi 700 meter tersebut terjadi hari kamis dinihari tanggal 11 September 2014, seperti dilansir jpnn.com

Letusan Gunung Slamet
Letusan Gunung Slamet
(Photo: merantionline.com)

Meskipun Gunung Slamet merupakan gunung aktif, tapi setiap kali gunung ini meletus tidak sedahsyat gunung-gunung lainnya seperti Gunung Merapi waktu lalu.
Inilah yang membuat warga sekitar merasa tidak terlalu khawatir meskipun lima kabupaten yang bakal terkena dampak vulkanik seperti Kabupaten Pemalang, Banyumans, Brebes, Tegal, dan Purbalingga sudah mengantisipasi jika terjadi kondisi darurat. Semoga saja tidak terjadi letusan dahsyat dan semoga gunung dengan tinggi 3.428 meter ini segera 'tidur' kembali agar masyarakat sekita kembali beraktifitas seperti semula.

Mitos Terbelahnya Pulau Jawa
Warga sekitar Gunung Slamet mempunyai mitos yang cukup mengerikan, yakni jika Gunung Slamet meletus maka pulau Jawa akan terbelah. Menurut mereka ini karena Gunung Slamet berada ditengah-tengah Pulau Jawa dan diapit oleh Laut Utara dan Laut Selatan, jadi bila meletus akan membuat kedua laut tersebut menyatu (pulau jawa terbelah)

Mitos ini juga didukung oleh ramalan Ki Jayabaya yang mengatakan suatu saat pulau jawa akan menjadi dua. Ah, semoga ini akan terus menjadi mitos dan tidak akan menjadi kenyataan, dan semoga sesuai namanya, gunung tertinggi di Jawa Tengah ini akan 'Slamet'.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Gunung Slamet akan Selamat!"

Posting Komentar