Juanda Segera Mempunyai Terminal Tiga



Airport Incheon Korea Selatan sedang bekerja sama dengan operator bandara negara Indonesia, PT Angkasa Pura I (AP I) dalam pembangunan Terminal 3 Bandara Internasional Juanda di Surabaya, Jawa Timur

Terminal Dua Bandara Juanda
Terminal Dua Bandara Juanda
(Foto copyright Angkasa Pura I)

Mina Choi - Dirut PT Mitra Incheon Indonesia, anak perusahaan dari Incheon International Airport Korporasi - mengatakan perusahaan memberikan jasa konsultasi kepada operator Bandara Juanda untuk pembangunan komersial dan layanan pelanggan di terminal bandara 1 dan 2.

"Karena permintaan sangat besar di Juanda, kami juga membahas pengembangan ke depan, karena Juanda juga berencana untuk mengembangkan Terminal 3," kata Choi seperti diberitakan laman The Jakarta Post (12/9/2014).

"Kami saat ini menyediakan konsultasi untuk Angkasa Pura I dan II, tapi tentu saja kita melihat peluang pengembangan ke depan, sama seperti kita melihat peluang investasi," katanya.

AP I, yang mengelola bandara di bagian timur Indonesia, dijadwalkan untuk membangun terminal ketiga di Juanda tahun depan sebagai tambahan Terminal 2 yang pembangunannya selesai tahun lalu.

Sekretaris Perusahaan AP I, Farid Indra Nugraha mengatakan pada Kamis bahwa untuk terminal ketiga, perusahaan saat ini sedang melakukan studi tentang akuisisi tanah, bagian yang milik Angkatan Laut.

"Kami awalnya harus mendiskusikan rencana ekspansi dengan Angkatan Laut, serta Bappeda, karena ini adalah masalah yang sangat sensitif," kata Farid.

"Kami akan membahas lebih lanjut rencana pembangunan dengan Incheon pada saat kami mendapatkan izin," lanjutnya.
"Saya memperkirakan bahwa Bandara Juanda akan menampung 405.910 penerbangan dengan 74.200.000 penumpang pada tahun 2030"

Tahap pertama pembangunan terminal ketiga akan dilakukan pada 150.000 meter tanah sebelum memperluas lain 150.000 m di pembangunan tahap kedua.

Bersamaan dengan itu, operator berencana untuk memperpanjang landasan pacu bandara dari saat ini 3.000 m sampai 3.600 m.

Perluasan ini diharapkan menjadi jawaban atas meningkatnya jumlah penerbangan di bandara, kata Farid.


Incheon Airport juga sedang bekerja sama dengan PT Angkasa Pura II, yang bertugas mengelola bandara di bagian barat Indonesia, untuk divisi komersial gerbang utama, Bandara Internasional Soekarno-Hatta, di Cengkareng, Jakarta barat.

Dengan bantuan dari Incheon, AP II berencana untuk membuka pusat perbelanjaan di bandara Terminal 2 untuk meningkatkan pendapatan.

Bandara Internasional Incheon di Seoul, Korea Selatan, adalah salah satu bandara yang terbesar dan tersibuk di Asia, menangani lebih dari 40 juta penumpang per tahun. Hub berfungsi sebagai rumah bagi 80 perusahaan penerbangan dan menghubungkan wisatawan ke 193 tujuan di seluruh dunia. Bandara ini baru saja menerima penghargaan kesembilan berturut-turut sebagai Best Airport Worldwide oleh Airport Council International.
(sumber: The Jakarta Post)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Juanda Segera Mempunyai Terminal Tiga"

Posting Komentar