Ketahui Penyebab Kenapa Kita Terkena Radang Tenggorokan, Yuk?



Dalam dunia kedokteran, radang tenggorokan biasa disebut dengan faringitis. Memang sangat mengganggu ketika terkena faringitis, seperti ada lendir yang mengganjal pada tenggorokan kita, makan dan berbicara jadi hal yang sulit dilakukan.

Seperti diberitakan MeetDoctor.com, faringitis adalah suatu penyakit radang tenggorokan (faring) yang bersifat cepat dan memberat yang menyerang lapisan mukosa (selaput lendir) dan submukosa faring. Radang tenggorokan disebabkan karena bakteri atau virus. Bakteri yang menjangkit faringitis adalah dari streptokokus grup A. Tapi bakteri lain seperti N. gonorrhoeae, C. diphtheria, H. influenza juga bisa mengakibatkan radang tenggorokan. Sedangkan jika penyebabnya oleh virus, maka disebabkan oleh Adenovirus, Rhinovirus, Coxsackie dan Parainfluenza virus.


Bukan hanya bakteri dan virus saja, ternyata radang tenggorokan bisa juga diakibatkan karena alergi, merokok, iritasi udara kering, tumor, menelan racun, jamur dan penyakit refluks asam lambung.

Kita akan sulit untuk berbicara ketika terkena faringitis. Ini dikarenakan terjadi iritasi pada selaput faring yang akut yang akan menyebabkan reaksi inflamasi sehingga mangkibatkan pembengkakan di daerah faring hingga pita suara, nyeri saat menelan dan rasa kering di daerah tenggorokan.

Sungguh keadaan yang dapat menyiksa kita, ketika terkena faringitis. Tetap jaga kesehatan dengan selalu hidup sehat.
(kredit: vemale.com)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ketahui Penyebab Kenapa Kita Terkena Radang Tenggorokan, Yuk?"

Posting Komentar