Profil Jacob Zuma, Presiden Afrika Selatan Tahun 2009



Jacob Zuma menjadi presiden Afrika Selatan Mei 2009. Zuma menjadi pemimpin Kongres Nasional Afrika (ANC), partai politik Afrika Selatan sejak 2007, ketika ia mengalahkan Thabo Mbeki dalam pemilihan partai . Mbeki sendiri telah memimpin ANC selama 10 tahun. Kemenangan ANC tahun 2009 pada pemilihan parlemen menyebabkan Zuma terpilih sebagai presiden. Zuma dan ANC tetap berkuasa setelah pemilihan umum 2014.

profil Jacob Zuma
Jacob Zuma
(Photo: Daniel Berehulak, Getty Images)

Jacob Gedleyihlekisa Zuma lahir pada tanggal 12 April 1942, di Nkandla, dekat Ulundi di provinsi Natal (sekarang bagian dari KwaZulu-Natal). Pada tahun 1959, ia bergabung dengan ANC.

Pemerintah Afrika Selatan melarang ANC pada tahun 1960, tetapi partai tersebut terus dijalankan secara rahasia. Sebagai bagian dari ANC, Zuma sangat menentang kebijakan pemerintah dalam pemisahan berdasarkan rasial, yang dikenal sebagai apartheid. Zuma ditangkap pada tahun 1963 dan dipenjarakan di Pulau Robben. Dia dibebaskan dari penjara pada tahun 1973.


Dari tahun 1975 sampai 1990, Zuma tinggal di pengasingan di beberapa negara Afrika, tapi ia terus menjalankan parta ANC.

Zuma kembali ke Afrika Selatan setelah larangan ANC dicabut pada tahun 1990. Pada tahun 1991, pemerintah Afrika Selatan mencabut terakhir dari undang-undang yang membentuk dasar hukum apartheid. Zuma menjabat di sejumlah posisi tingkat tinggi dalam ANC, termasuk wakil sekretaris jenderal, ketua nasional, dan wakil presiden.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Profil Jacob Zuma, Presiden Afrika Selatan Tahun 2009"

Posting Komentar