Sejarah Suku Indian Zuni



Indians Zuni adalah suku Indian Pueblo dari barat-tengah New Mexico, dekat perbatasan Arizona. Menurut sensus tahun 2010 AS, sekitar 10.000 suku Zuni tinggal di Amerika Serikat. Kebanyakan suku Zuni tinggal di Zuni Indian Reservation yang telah dihuni oleh suku Zuni selama ribuan tahun.

Foto Gadis suku Zuni Indian
Gadis suku Zuni Indian
(Photo: Edward S. Curtis; Library of Congress)

Beberapa suku Zuni beternak untuk memenuhi kebutuhab hidup, tetapi justru mereka terkenal akan perhiasan mereka yang terbuat dari perak, karang, dan pirus. Banyak suku Zuni yang tinggal di rumah-rumah tradisional batu. Sidanya tinggal di rumah dengan bangunan yang lebih modern.

Agama suku Zuni menjadi salah satu agama asli yang paling kompleks dari Barat-daya Amerika. Agama suku Zuni ini berpusat pada enam kultus, masing-masing dengan ritual sendiri. Salah satu upacara suku Zuni yang terkenal adalah Shalako, diadakan setiap tahun untuk merayakan kedatangan musim dingin.

Suku Zuni merupakan keturunan dari kelompok prasejarah yang sering disebut Anasazi atau Leluhur Puebloans. Pada tahun 1539, Ekspedisi pertama Spanyol memasuki apa yang sekarang disebut dengan New Mexico dan bertemu dengan suku Zuni. Para penjelajah tersebut sedang mencari kebenaran kisah Tujuh kota Cibola, yang diyakini kaya akan emas.


Suku Zuni pun marah terhadao invasi orang asing tersebut. Mereka membunuh salah satu dari para penjelajah, yakni seorang pemandu berkulit hitam bernama Estevanico. Seorang penjelajah berkebangsaan Spanyol bernama Francisco Vasquez de Coronado datang mencari Tujuh Kota pada tahun 1540 dan malah menemukan enam desa suku Zuni.

Wilayah suku Zuni berada di bawah otoritas AS setelah Perang Meksiko berakhir pada tahun 1848. Pada tahun 1934, suku ini melaksanakan pemilihan untuk memilih pejabat sipil sendiri sebagai bagian dari Undang-Undang Reorganisasi India federal. Pada tahun 1970, Zuni menjadi suku pertama yang menjalin kerjasama dengan pemerintah federal untuk menjalankan program yang diadakan oleh Bureau of Indian Affairs.
(sumber: WorldBook)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Sejarah Suku Indian Zuni"

Posting Komentar