10 Penyebab Terjadinya Kanker Payudara yang Harus Anda Ketahui



Dari berbagai jenis kanker yang ada, kanker payudara menempatkan diurutan pertama sebagai kanker yang banyak terdapat di Indonesia. Kanker payudara bukan hanya menyerang wanita, tapi kanker ini juga bisa terdapat pada pria meski prosentasinya hanya sedikit.

Cegah lebih dini dari resiko kanker payudara dengan mengenal lebih jauh faktor pemicu dari kanker payudara berikut ini, seperti yang diulas oleh dr. Tri Ari Wibowo dari MeetDoctor.com.

1. Faktor Penyinaran
Penyinaran terutama pada bagian dada semasa kanak-kanak membuat resiko terkena kanker payudara ketika dewasa menjadi lebih besar.

2. Dietilstilbestrol
Pada wanita yang pernah menggunakan dietilstilbestrol (DES)--pencegah keguguran--lebih beresiko mempunyai kanker payudara

3. Faktor Bahan Kimia
Sejumlah studi mengungkapkan bahwa bahan kimia yang menyerupai estrogen--banyak terdapat pada pestisida dan dan produk industri lain--menjadi pemicu resiko kanker ini.

4. Minuman beralkohol
Minum alkohol satu sampai dua gelas sehari dapat meningkatkan resiko kanker payudara

[sc:garesponsive]
5. Mengalami Menarke atau menstruasi pertama sebelum usia 12 tahun
Pada wanita yang mengalami menstruasi sebelum usia 12 tahun akan mempunyai 2 sampai empat kali lebih besar terkena kanker payudara. Juga pada wanita yang terlambat hamil pertama (hamil pertama setelah usia 30 tahun) dan wanita yang terlambat menopause (menopause setelah usia 55 tahun) akan beresiko tinggi mempunyai kanker berbahaya ini.
Semakin dini usia wanita mengamai haid pertama serta semakin terlambat wanita hamil pertama dan menopause, maka semakin tinggi resiko terkena kanker payudara.

6. Faktor Keturunan
Perempuan yang mempunyai ibu, saudara perempuan atau anaknya menderita kanker, mempunyai resiko tiga kali lebih besar terkena kanker payudara

7. Pernah menderita penyakit non-kanker pada payudara
Wanita yang pernah menderita penyakit payudara non-kanker akan mempunyai resiko lebih tinggi terkena kanker payudara karena bertambahnya jumlah aliran air susu serta terjadinya hiperplasia atipik, yakni kelainan pada struktur jaringan payudara

8. Pernah mengalami kanker payudara sebelumnya.
Wanita yang telah menjalani pengangkatan payudara sebelumnya akan mempunyai resiko kembali terkena hal yang sama. Resikonya bertambah menjadi setengah sampai satu persen setiap tahun.

9. Faktor gen pembawa kanker
Gen penyebab kanker payudara sendiri telah ditemukan. Yakni gen yang hampir dipastikan pembawa resiko tinggi kanker payudara, BRCA1 dan BRCA2. Contoh artis yang membawa salah satu gen ini adalah Angelina Jolie, dia terpaksa mengangkat kedua payudaranya untuk menghindari dari resiko terkena kanker ini.
Selain dua gen tersebut, gen lain yang bertangguung jawab dalam kanker payudara yakni p53, BARD1,BRCA3 dan Noey2.

10. Faktor usia.
60 persen kasus kanker payudara ditemukan pada wanita berusia diatas 60 tahun. Kemudian resiko akan meningkat lebih besar lagi pada usia 75 tahun.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "10 Penyebab Terjadinya Kanker Payudara yang Harus Anda Ketahui"

Posting Komentar