3 Cara Efektif Mengetahui Apakah Anda Obesitas atau Hanya Kegemukan



Kegemukan berbeda dengan Obesitas

Gaya hidup yang cenderung serba instan, perubahan diet, kurang olahraga dan stres dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Salah satu masalah tersebut adalah obesitas, yang sekarang ini tampaknya sedang melanda.

Obesitas adalah suatu kondisi di mana kelebihan lemak tubuh akan terakumulasi, yang akan menyebabkan masalah kesehatan yang berbeda. Sementara makanan seperti disebutkan di atas, merupakan salah satu alasan penyebab obesitas, faktor genetik juga dapat menyebabkan obesitas.


Orang yang gemuk akan mudah lelah, dan dalam kasus-kasus perempuan, bisa juga terkait dengan menstruasi. Jika tidak diobati lebih dini dapat menyebabkan infertilitas. Berat badan yang berlebihan juga dapat menyebabkan penyakit kronis seperti Diabetes Tipe II.

Menurunkan berat badan memang tidak mudah, tapi itu bukan mustahil. Diet yang baik dan olahraga yang sehat akan membantu Anda mengurangi bebera kilo dari berat badan Anda.

Mari kita lihat beberapa langkah yang akan membantu Anda dapat menentukan apakah Anda mengalami obesitas atau hanya sekedar kegemukan

KEGEMUKAN ATAU OBESITAS
Dokter menggunakan istilah 'overweight' ketika indeks massa tubuh seseorang (BMI) meningkat sekitar 10% sampai 20%. Jika indeks massa tubuh Anda meningkat sebesar 20% atau lebih, maka Anda obesitas. Jika BMI Anda mencapai 50% atau lebih, ini disebut sebagai obesitas morbid. Sekarang, Anda harus memahami bahwa indeks massa tubuh dan persentase lemak tubuh adalah dua konsep yang berbeda.

Apakah Anda tahu bahwa 20% dari berat badan seseorang dianggap persentase lemak yang ideal? Perubahan sedikit saja dari persentase ini akan berdampak luar biasa, tergantung pada seseorang usia, jenis kelamin dan faktor lainnya.

PENGUJIAN OBESITAS
Jika Anda ingin tahu apakah Anda mengalami obesitas atau kegemukan, ada tes yang dapat membantu untuk menentukan hal ini:

1. Hidrostatik Lemak Tubuh
Tes lemak tubuh hidrostatik dapat membantu menentukan persentase lemak tubuh seseorang yang dianggap cukup akurat. Untuk tes ini, orang tersebut akan dimasukkan ke dalam tangki air dan akan diukur berat badannya ketika dibawah air.

2. Dual Energy X-Ray Absorptiometry
Ini adalah metode lain yang juga akurat, di mana orang tersebut diminta untuk berbaring selama 30 menit untuk mengehatui prosentase lemak menggunakan CT scanner.

3. Metode lain
Metode lain untuk mengetahui obesitas atau hanya kegemukan dengan menggunakan metode BIA atau analisis impedansi Bioelectrical, bisa juga dengan grafik tinggi / berat badan (dengan membandingkan tinggi seseorang dengan berat badannya. Yang paling populer adalah tes BMI (indeks massa tubuh), yang merupakan salah satu cara paling umum dan paling mudah untuk menentukan berat badan seseorang ideal atau tidak.

Anda dapat memilih metode ditas yang cocok menurut Anda untuk menentukan apakah Anda kelebihan berat badan atau obesitas.
(kredit: stylecraze.com)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "3 Cara Efektif Mengetahui Apakah Anda Obesitas atau Hanya Kegemukan"

Posting Komentar