3 Pengobatan Ini Malah Akan Membahayakan Jantung Anda



Kita pasti sudah tahu pentingnya jantung bagi kehidupan, jantung adalah organ vital yang tidak akan berhenti bekerja siang dan malam. Jika jantung berhenti, maka kita juga akan berhenti dari kehidupan ini. Mengerikan bukan?

Untuk itulah kepedulian terhadap jantung harus diutamakan. Olahraga dan selalu dengan berpegang pola hidup sehat akan menghindari dari serangan penyakit jantung.

Sayangnya ada beberapa pengobatan yang kita lakukan untuk mengobati suatu penyakit malah akan berdampak buruk pada jantung. Seperti terapi sinar radiasi yang banyak digunakan untuk pengoabatan kanker justru sangat merugikan kesehatan jantung.

Berikut ini 3 pengobatan yang malah membahayakan jantung, seperti dilansir dilaman everydayhealth.com

1. Radiasi CT scan
Radiasi CT scan atau computed tomography banyak digunakan untuk mendeteksi berbagai penyakit. Paparan sinar X yang digunakan mengandung 0.1 millisieverts radiasi. Sehingga semakin sering Anda menjalani CT scan, semakin besar pula resiko terkena penyakit jantung.

2. Radiasi pengobatan kanker
Radiasi treatment kanker ini banyak digunakan untuk pengoabatan penyakit kanker. Pada pasien kanker payudara, radiasi ini beresiko mengenai jantung sehingga sangat berbahaya bagi kesehatan jantung. Jadi jika Anda berusaha hidup sehat untuk menghindari dari penyakit kanker, ini berarti Anda juga menghindari dari penyakit jantung.


3. Kemoterapi kanker
Kemoterapi ini biasanya digunakan untuk membunuh sel-sel kanker. Mungkin sel kanker Anda akan berkurang, tapi resiko terkena serangan jantung akan bertambah. Dilematis bukan?
Kardiotoxic atau racun yang bisa menyerang jantung, paling umum dikenal dengan disfungsi ventrikel kiri atau gagal jantung. Hal ini bisa terjadi kepada pasien kanker payudara yang menjalani echocardiogram atau ultrasound, atau scan jantung, sebelum menerima obat kemoterapi. Hal ini diketahui bersifat kardiotoxic.

Sungguh simalakama, satu sisi kita mengobati penyakit lain, tapi pengobatan tersebut juga bisa mendatangkan penyakit yang tidak kalah bahaya. Selalu berusaha untuk hidup sehat agar tidak sampai menjalani pengobatan radiasi adalah pilihan yang tepat. Ketika Anda berusaha menghindari penyakit kanker, misalnya. Berarti Anda juga telah berusaha untuk menghindari penyakit jantung.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "3 Pengobatan Ini Malah Akan Membahayakan Jantung Anda"

Posting Komentar