4 Cara Meningkatkan Produktifitas Menulis



Semua orang sudah banyak yang mengetahui kalau dengan menulis bisa mendatangkan rupiah bahkan dolar. Tapi percayalah, menulis tidak semudah mengucapkan 'gampang'. Terlihat sepele hanya tinggal mengetik saja, tapi menulis juga bisa 'menyeramkan', dalam arti penulis tiba-tiba berhenti tidak bisa menulis, mungkin karena tidak ada bahan atau spontan menjadi malas.

Perlu triks dan penyemangat setiap hari agar menulis bisa lebih produktif lagi. Berikut ini 4 tips efektif untuk meningkatkan produktifitas menulis. Seperti dikutip lifehack.org

1. Pakai pakaian senyaman mungkin.
Memakai baju yang tidak nyaman membuat menulis menjadi malas. Kreatifitas tidak berkembang saat tubuh Anda yang kemudian mempengaruhi fikiran Anda karena pemakaian baju yang tidak nyaman. Meskipun ini terdengar sepele, percayalah memakai baju yang nyaman membuat produktifitas menulis Anda jauh lebih meningkat.

2. Stop hanya janji
Berhentilah hanya berjanji bahwa akan menulis nanti malam, akan menulis besok pagi dan seterusnya. Tulislah sekarang juga apa yang Anda pikirkan, apalagi jika Anda adalah penulis yang mempunyai tenggat waktu.
Tulislah sekarang jangan menunggu besok

3. Bila perlu dengarkan musik yang sesuai dengan tulisan Anda.
Anda bisa menulis sambil mendengarkan musik yang sesuai dengan tema tulisan. Lebih baik lagi kalau musik Anda adalah instrument (tanpa syair). Tapi tentunya ini tergantung dari individu, banyak juga penulis yang malah tidak bisa menulis ketika ada suara berisik sedikit saja, apalagi sebuah lagu.

4. Tak perlu mengedit saat mmenulis
Editlah tulisan belakangan, ketika Anda telah selesai menulis. Menyunting atau mengedit sambil menulis malah akan membuat Anda kehilangan hal penting yang perlu Anda tulis.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "4 Cara Meningkatkan Produktifitas Menulis"

Posting Komentar