4 Penyakit yang Disebabkan Oleh Kuku



Kuku juga bisa dijadikan indikator apakah seseorang peduli dengan kebersihan atau tidak, malas memotong dan membersihkan kuku dapat menyebabkan beberapa penyakit yang berbahaya. Lihat kuku Anda sekarang, apakah sudah saatnya dipotong atau dibersihkan?

Berikut ini penyakit yang akan didapat jika tidak bisa menjaga kebersihan kuku Anda. Seperti dilansir laman Boldsky:

1. Cedera kuku
Kuku panjang, baik pada jari tangan maupun kaki sangat memungkinkan mengalami cedera kuku yang disebabkan beberapa hal seperti tersandung atau membentur benda lain. Ini tidak bisa dianggap remeh, karena bisa menimbulkan cedera pada kuku bagian dalam dan infeksi.

2. Mengakibatkan infeksi jamur
Jika seseorang mempunyai kuku yang bersih, itu menandakan orang tersebut peduli dengan kesehatan secara keseluruhan. Tidak memotong kuku secara rutin bisa menimbulkan infeksi jamur pada kuku yang sering disebut dengan Tinea atau athlete's foot. Infeksi ini ditandai dengan ruam putih disekitar jari kaki, juga membuat warna kuku berubah kekuningan.


3. Mengakibatkan infeksi bakteri
Perawatan kuku tidak kalah penting dengan perawatan kulit, terutama pada kuku kaki yang sering menggunakan sepatu atau kaos kaki seharian sehingga dapat mendatangkan banyak bakteri. Ini karena kuku kaki tidak mendapatkan udara yang cukup ketika seharian memakai sepatu. Selalu potong kuku dengan rapi untuk menghindari infeksi bakteri. Pastikan juga untuk tidak memakai kaos kaki kotor.

4. Onychocryptosis
Onychocryptosis atau kuku tumbuh kedalam adalah penyakit kuku yang sangat menyakitkan. Ini diakibatkan cara memotong kuku yang salah sehingga ketika kuku tumbuh malah akan menusuk kedalam daging yang menghalangi. Jangan pernah memotong kuku terlalu pendek dan membulat. Potonglah kuku lurus jangan membulat dibagian sampingnya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "4 Penyakit yang Disebabkan Oleh Kuku"

Posting Komentar