4 Penyebab Susah BAB yang Tidak Banyak Diketahui



Asupan serat dari sayur dan buah memang sangat penting agar BAB kita lancar, tapi ternyata penyababnya bukan itu saja. Ada beberapa penyebab lain selain serat yang membuat kita susah buang air besar atau konstipasi. Seperti empat hal dibawah ini menurut laman Wolipop.

1. Masalah Tiroid
Jika konstipasi yang Anda alami ternyata tidak kunjung reda, misalnya sampai seminggu, bahkan setengah bulan. Anda harus segera menghubungi dokter penyakit dalam, mungkin ini dikarenakan tiroid. Jika kelanjar tiroid tidak aktif, dikawatirkan akan mengganggu kinerja usus yang kemudian akan mengakibatkan Anda kesulitan untuk BAB

2. Kekurangan Cairan
Dehidrasi tubuh atau kekurangan cairan sangat mungkin sekali menjadi penyebab konstipasi, jika Anda cukup serat tapi kurang cairan tentu saja akan membuat serat tidak bisa melewati saluran pencernaan. Maka timbulah apa yang namanya konstipasi atau sulit buang air besar. Cukupi kebutuhan cairan tubuh Anda dengan minum air putih minimal delapan gelas sehari.

3. Berhenti melakukan rutinitis berolahraga
Berhenti melakukan rutinitas olahraga juga bisa membuat Anda kesulitan BAB, ketika Anda menghentikan rutinitas yang sudah biasa berjalan, maka sedikit banyaknya akan mempengaruhi sistem sayaraf, ini akan mempengarui usus juga. Dan usus akan memperlakukan makanan dengan berbeda pula. Tetap lakukan olahraga secara rutin, karena banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari olahraga.

4. Stress berkepanjangan
Stress yang terus menerus akan mempengaruhi sistem sayaraf usus besar yang mengakibatkan tidak ada kontraksi antara usus besar dengan perut. Ini akan membuat Anda jarang merasakan keinginan untuk BAB, racun-racun pada tubuh juga akan tertahan didalam.
(kredit: wolipop.com)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "4 Penyebab Susah BAB yang Tidak Banyak Diketahui"

Posting Komentar