4 Tips Kesehatan Yang Aneh Tapi Ternyata Efektif



Mungkin Anda sudah sering membaca atau mendengar beberapa tips tentang kesehatan seperti mengurangi porsi makan atau menyikat gigi setelah makan. Tapi dalam tips kesehatan aneh berikut ini kita akan disuruh kebalikannya, yakni makan banyak dan jangan menyikat gigi setelah makan. Lho kok, gitu? Makanya baca sampai habis dong.

1. Mendinginkan tubuh dengan minuman panas.
Menurut Anda, manakah yang lebih mendinginkan tubuh ketika berada pada cuaca panas? Kopi panas atau es kop? Ternyata menurut dua penelitian terbaru jawabannya adalah kopi panas. Begitu juga dengan teh panas yang banyak dilakukan di India. Ketika Anda minum teh panas pada cuaca panas, Anda akan lebih menguras berkeringat kemudian keringat tersebut akan menguap dan jadilah tubuh Anda akan mendingin secara alami.

2. Ketika lelah, jangan konsusmsi minuman berenergi.
Kebanyakan orang Indonesia setelah lelah, misalnya habis olahraga akan langsung minum minuman berenergi. Ini sebenarnya tidak baik. Minuman berenergi mempunyai lima kali lipat kandungan kafein daripada kopi. Energi yang langsung muncul sesaat setelah minum minuman berenergi juga mempunyai efek samping yang kurang menyenangkan seperti cepat marah, detak jantung lebih cepat, dan menimbulkan rasa gelisah.


Minuman berenergi juga menganding taurin yang tinggi, mengandung lebih dari 50 gram gula per kalengnya yang akan membuat Anda lebih lambat dan cenderung ingin meminum lagi.

3. Makan lebih banyak justru akan mengurangi porsi makanan secara keseluruhan
Mendapatkan 100 kalori lewat camilan cookies mungkin terlihat lebih baik. Tapi ini juga akan membuat Anda cenderung lebih lapar daripada Anda langsung makan seuatu yang lebih besar.

"Makan sejumlah kecil karbohidrat tidak melakukan apapun melainkan lonjakan gula darah Anda dan membaut Anda menginginkan lebih banyak karbohidrat," kata Amy Goodson, ahli diet dari exas Health Ben Hogan Sports Medicine.

Ahli diet ini menyarankan mengonsumsi protein seperti selai kacang atau keju dan apel. "Lebih tinggi kalori per prosi, tetapi protein dan lemak akan membantu Anda cepat kenyang dan kenyang lebih lama. Akhirnya Anda makan lebih sedikit kalori secara keseluruhan," tambahnya.

4. Demi kesehatan gigi, jangan sikat gigi setelah makan
Jangan langsung melakukan sikat gigi begitu selesai makan, apalagi makanan asam seperti soda, tomat citrus yang melunakkan enamel gigi. Menyikat gigi pada saat ini akan mempercepat efek asam pada enamal gigi dan mengakibatkan lapisan dibawahnya terkikis.
Disarankan untuk menunggu selama 30 sampai 60 menit sebelum Anda menyikat gigi setelah makan.
(sumber: health.com)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "4 Tips Kesehatan Yang Aneh Tapi Ternyata Efektif"

Posting Komentar