5 Cara Ampuh Redakan Sakit Gigi yang Patut Dicoba



Almarhum Meggy Z pernah mengatakan dalam nyanyiannya "Lebih baik sakit gigi, daripada sakit hati ini." Kayaknya harus diralat pernyataan itu. Mungkin beliau belum pernah sakit gigi. Kalau saya pribadi lebih memilih sakit hati saja daripada sakit gigi.

Sakit gigi bisa disebabkan banyak faktor. Yang sering terjadi adalah karena infeksi, gigi berlubang, akar gigi mencuat dan penyakit gusi. Berikut ini 5 hal yang patut dicoba untuk meredakan sakit gigi, seperti dikutip thehealthsite.com:

1. Gunakan air hangat dan garam
Tambahkan satu sendok teh garam dalam segelas air hangat, aduk kemudian berkumurlah dengan air tersebut. Campuran garam dalam air hangat akan mengeluarkan cairan dari gigi yang sakit, sehingga mengurangi pembengkakan.

2. Dengan es batu
Sensasi super dingin dari es batu mampu mematirasa-kan saraf disekitar gigi yang sedang sakit. Sehingga rasa sakit akan mereda. Caranya dengan mengambil es batu kemudian balut pada kain atau kantung plastik, tempelkan pada bagian pipi untuk meredakan rasa sakit. Anda juga bisa langsung meletakkan es batu pada gigi yang sakit.


3. Bisa juga dengan bawang bombay
Anti septik dan anti mikroba yang terkandung dalam bawang bombay mampu meredakan nyeri gigi serta membasmi kuman penyebab infeksi. Mudah saja caranya, Anda tinggal mengunyah beberapa iris bawang bombay. Bisa juga dengan meletakkan bawang bombay pada gigi yang sakit.

4. Bawang putih juga bisa
Bawang putih dikenal sebagai antibiotik yang mampu menghambat efek yang ditimbulkan oleh bakteri. Anda bisa mencoba bawang putih untuk meredakan sakit gigi dengan mengunyah beberapa siung, atau bisa juga dengan menumbuk halus lebih dulu kemudian tempatkan pada gigi yang berlubang.

5. Satu lagi, cengkeh juga bisa meredakan sakit gigi
Cengkeh mengandung anti bakteri, anti radang dan anestetik yang dapat meredakan sakit gigi. Cengkeh juga merupakan antioksidan, sehingga bukan hanya dapat meredakan sakit gigi tapi juga mengatasi infeksi.
Aplikasi cengkeh untuk obat pereda sakit gigi cukup mudah, Anda tinggal meletakkan cengkeh pada gigi yang sakit, kemudian gigit dengan kuat. Atau bisa juga dengan menumbuk halus cengkeh kemudian campurkan dengan minyak sayur, oleskan pada gigi yang sakit.

Poin-poin diatas adalah hanya untuk meredakan rasa sakit gigi sementara waktu, tidak ada jaminan untuk menyembuhkannya. Meskipun banyak yang menggunakan trik diatas dan sembuh. Kami sangat menyarankan Anda untuk memeriksakan ke dokter apabila sakit gigi Anda berlanjut.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Cara Ampuh Redakan Sakit Gigi yang Patut Dicoba"

Posting Komentar