5 Fakta Nyata Dibalik Kesuksesan Toyota



Toyota atau Toyota Motor Corporation adalah perusahaan otomotif terbesar yang telah ada sejak tahun 1937. Meskpiun di Indonesia Toyota lebih terkenal dengan produk otomotifnya (mobil) tapi ternyata perusahaan ini juga memproduksi juga teknologi robotika, agrikultural, aerospace.


Rentang waktu yang sudah lama dalam kiprahnya di dunia teknologi, membuat Toyota mempunyai beberapa fakta menarik sepanjang karirnya. Diantaranya adalah:

1. Awalnya perusahaan tenun
Pada awal berdiri (1937) Toyota adalah perusahaan tenun melalui Toyoda Automatic Loom Works. Mobil sendiri hanya merupakan salah satu divisi tambahan dari perusahaan tersebut. Toyota Motor Corporation kemudian lebih populer dan menjelma menjadi perusahaan pembuat mobil handal. Perusahaan tekstil Toyota sendiri sampai sekarang masih beroperasi.

2. Awalnya bernama Toyoda
Toyota pada awalnya bernama Toyoda sesuai dengan nama pendirinya Kiichiro Toyoda. Namun kemudian diganti menjadi Toyota karena diyakini lebih membawa keberuntungan. Dalam huruf Katakana, tulisan Toyota mengandung delapan goresan, dimana 8 adalah simbol keberuntungan bagi orang Asia Timur.


3. Produk pertama di pasarkan di Amerika
Kiichiro Toyoda, salah satu pendirinya menggagas agar produk pertama dari Toyota dipasarkan bukan di Jepang, melainkan di Amerika.

4. Memberikan banyak lapangan pekerjaan di Amerika
Walaupun Toyota berasal dari Jepang, tapi ekspansi besar-besaran Toyota di dunia dan khususnya di Amerika, membuat Toyota ikut menyumbangkan lebih dari 360.000 lapangan pekerjaan di Amerika Serikat.

5. Sempat terselamatkan oleh perang Korea
Antara tahun 1940-1950, Toyota nyaris bangkrut, tapi kemudian terselamatkan oleh adanya perang Korea. Pihak Amerika Serikat memesan kendaraan pengangkut sebanyak 5.000 unit, sehingga ini meningkatkan penjualan Toyota dan menyelamatkannya dari kebangkrutan.
(kredit: Otosia.com)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Fakta Nyata Dibalik Kesuksesan Toyota"

Posting Komentar