5 Manfaat Besar dari Rempah Kunyit



Rempah ini biasanya dijadikan penyedap atau pelengkap bumbu masakan, dan para ibu biasanya selalu menyediakannya didapur. Ternyata rembah bernama kunyit ini juga mengandung banyak manfaat kesehatan seperti yang kami kutip dari huffingtonpost.com berikut ini:


1. Untuk melindungi otak
Sebuah penelitian mengemukakan bahwa Turmerone aromatik yang ada pada kunyit mampu berpotensi dalam mengobati orang dengan penyakit Alzheimer dan neurodegenerative seperti stroke. Seperti diketahui penyakit Alzheimer menyerang pada otak.

2. Dapat mencegah kanker
Walaupun penelitian masih sebetas pada hewan, tapi kurkumin pada kunyit diyakini dapat membunuh sel kanker, mengecilkan tumor, dan meningkatkan efek kemoterapi pada hewan, seperti yang diberitakan oleh American Cancer Society. Kurkumin mempunyai efek positif dalam penanggulangan dan pencegahan penyakit kanker.

3. Mencegah nyeri sendi.
Layaknya ibuprofen, suplemen dari ekstrak kunyit dapat dijadikan obat bagi penderita osteoartritis lutut


4. Dapat mencegah serangan jantung
Lagi-lagi kurkumin mempunyai manfaat yang besar. Senyawa yang terdapat pada kunyit inilah yang membuatnya berwarna kuning.
Sebuah studi tahun 2012 terhadap pasien bedah pirau (bypass surgery) sebanyak 121 orang telah membuktikan kebenaran bahwa kurkumin bisa mengurangi risiko serangan jantung sebanyak 65 persen pada pasien-pasien pirau.

5. Meredakan maag dan nyeri lambung
Studi kecil tahun 1989 mengungkapkan suplemen yang terbuat dari tanaman kunyit terbukti bisa lebih efektif mengatasi nyeri lambung, maag, dan gangguan pencernaan daripada plasebo.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Manfaat Besar dari Rempah Kunyit"

Posting Komentar