5 Pembahasan Penting Tentang Tulang yang Rugi Bila Anda Tidak Tahu



Pada umumnya pertumbuhan tulang pada manusia akan berhenti ketika memasuki usia 20 tahun keatas. Pada usia tersebut Anda sangat sulit atau bahkan tidak mungkin untuk mengalami tinggi badan lebih lanjut. Tapi meskipun tulang Anda berhenti berkembang, tapi Anda tetap harus memperhatikan kepadatan tulang, agar tulang tetap kuat sampai usia lanjut.

Ada beberapa hal yang perlu kita ketahui tentang tulang yang bertanggung jawab dalam menopang tubuh kita ini. Yuk ketahui seputar tulang, jangan sampai Anda menyesal dikemudian hari akibat tulang Anda menjadi rapuh, seperti dikutip dari everydayhealth.com

1. Kunci kepadatan tulang adalah estrogen
Osteoporosis lebih banyak dialami oleh wanita daripada pria, lebih parah lagi saat wanita mengalami apa yang dinamakan menopause. Pada saat menopause produksi estrogen akan menurun drastis, padahal estrogen adalah hormon yang bertanggung jawab menjaga produktivitas sel-sel tulang dan menjaganya agar tetap kuat.

National Osteoporosis Foundation menuturkan bahwa kurang lebih 5 tahun setelah wanita mengalami menopause, kepadatan tulang akan menurun hingga 20 persen. Menopause ditandai dengan tidak adanya lagi siklus menstruasi, ini mengakibatkan produksi hormon estrogen juga menurun sehingga besar kemungkinannya mengalami tulang keropos.

2. Minuman beralkohol dapat merusak tulang
Orang dengan ketergantungan alkohol mempunyai kesempatan besar mengalami patah tulang karena melemahnya tulang yang disebabkan hilangnya nutrisi. Jadi bukan hanya merusak tubuh, minumal beralkohol juga berdampak buruk bagi kepadatan tulang. Berbagahagialah jika Anda tidak tergantung pada minuman beralkohol.

3. Pria yang pernah mendapatkan patah tulang pinggul, dua kali beresiko tinggi meninggal dunia lebih dulu daripada wanita.
Pria maupun wanita bisa saja mengalami patah tulang pinggul. Uniknya patah tulang pinggul lebih banyak dialami oleh pria daripada wanita. Bahkan satu diantara tiga pria di dunia pernah mengalami patah tulang pinggul, kasus ini banyak didapat pada atlit karena cedera atau pada saat seseorang sedang mengalami osteoporosis.

Informasi yang didapatkan dari Yayasan Osteoporosis Internasional lebih mengejutkan lagi, 37 persen pria akan meninggal dunia setahun setelah mengalami patah tulang daripada wanita yang juga pernah mengalaminya.

4. Kesehatan tulang tidak melulu dengan asupan kalsium
Kalsium memang yang utama menyangkut kesehatan tulang, tapi bukan hanya kalsium saja. Anda juga butuh yang namanya vitamin D untuk menjaga kepadatan tulang.

5. Awas steroid, obat ini ternyata mengurangi kepadatan tulang.
Obat steroid banyak digunakan untuk membentuk otot, para atlit binaraga biasa menggunakan obat ini, karena memang obat steroid dapat mepercepat pembentukan otot.

Namun menurut Yayasan Osteoporosis Nasional (NOF), obat steroid justru dapat meningkatkan resiko tulang keropos. Contoh obat steroid seperti desxamethasone, prednison atau kortison. Obat ini terbukti dapat mengurangi kepadatan tulang.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Pembahasan Penting Tentang Tulang yang Rugi Bila Anda Tidak Tahu"

Posting Komentar