Aplikasi Android "Lapor KPI" untuk Melaporkan Acara Sampah TV



Remotivi, sebuah organisasi non-profit Indonesia, sedang mengembangkan sebuah aplikasi Android yang disebut Lapor KPI yang memungkinkan kita untuk melaporkan acara TV yang buruk langsung ke Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menggunakan smartphone.


Aplikasi ini menyediakan platform bagi warga lainnya untuk menggunakan hak mereka mengawasi dan berpartisipasi dalam pengembangan program siaran yang berkualitas, seperti yang dinyatakan dalam Pasal 52 Undang-Undang Penyiaran No.32 Tahun 2002.

Keterlibatan aktif KPI di aplikasi Lapor KPI akan menjadi isyarat kuat untuk menunjukkan bahwa pemerintah peduli aspirasi banyak orang untuk melihat program-program berkualitas lainnya di saluran TV, Roy Thaniago, Direktur Remotivi, menuliskan dalam surat usulan ke KPI .

Selain mengundang KPI untuk bekerja sama dalam aplikasi Lapor KPI, Remotivi bersama dengan Cipta Media Seluler juga akan meluncurkan kampanye untuk mendorong siswa dan orang tua untuk menggunakan aplikasi ini untuk melaporkan program TV yang buruk.


Namun, perbaikan kualitas program TV di Indonesia akan menjadi perjuangan yang berat.

Program TV seperti Ganteng-Ganteng Serigala dan Diam-Diam Suka tetap berada di dirating tertinggi meskipun dianggap sebagai program TV yang tidak sehat oleh KPI.

Baru-baru ini KPI juga mengirimkan surat peringatan kepada stasiun TV besar di Indonesia, Trans TV, karena menyiarkan acara pernikahan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina dua hari berturut. Stasiun TV lain, RCTI, juga mendapat surat peringatan karena menyiarkan pernikahan tersebut selama tujuh jam.

Selain surat peringatan, KPI tidak memberikan hukuman lain ke stasiun TV tersebut yang bertentangan Kode Etik Perilaku Penyiaran sesuai dengan pedoman KPI 2012

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Aplikasi Android "Lapor KPI" untuk Melaporkan Acara Sampah TV"

Posting Komentar