Barcelona Terancam Hilang dari Liga Spanyol



Apa jadinya jika Liga Spanyol tanpa kehadiran klub papan atas Barcelona? Tentunya liga tersebut tidak manarik lagi, bakal tidak ada lagi yang namanya el-classico dengan Real Madrid. Kerugian bukan hanya untuk liga itu sendiri, tapi Barcelona juga akan merugi karena tentu akan ditinggal para pemainnya.

Kemungkinan tim Barcelona hilang permanen dari La Liga (sekarang bernama Liga BBVA) sangat besar, pasalnya gejolak politik di Catalonia sedang meningkat, pihak pro-kemerdekaan mendesak segera dilakukan referendum. Mereka ingin melepaskan diri dari Spanyol.

Referendum pun akan dimulai pada November 2014, akan menentukan nasib Catalonia. Dan jika pro-kemerdekaan yang menang dalam referendum tersebut, Barcelona harus rela tidak bermain lagi di La Liga yang berarti kerugian besar dari kedua belah pihak, bagi tim dan bagi pihak liga itu sendiri.


Bukan hanya Barcelona saja yang tidak akan tampil dan La Liga, tapi juga klub papan tengah Espanyol yang akan mengalami nasib serupa, terdepak dari ajang sepakbola bergengsi ini.

Presiden Asosiasi Sepakbola Profesional Spanyol (LFP), Javier Tebas mengatakan "Barcelona dan Espanyol tidak akan bermain di La Liga jika Catalonia merdeka karena alasan berikut: Undang-Undang Olahraga Spanyol memiliki ketentuan tambahan bahwa hanya satu negara non-Spanyol bisa bermain di La Liga atau kompetisi resmi Spanyol, dan itu adalah Andorra"

Masih Ada Kemungkinan
Tebas menambahkan, Barcelona dan Espanyol masih mempunyai kemungkinan bisa bermain di La Liga jika pihak parlemen Spanyol mau merubah undang-undang tersebut. Tapi melakukan perubahan undang-undang tentu bukan hal yang mudah dan juga membutuhkan waktu yang lama.

Kita lihat saja, apa yang bisa dilihat pihak parleman dan pihak terkait lainnya. Apakah akan membiarkan La Liga tanpa Barcelona ataukah akan mengupayakan keberadaanya.
(sumber: Football-Espana)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Barcelona Terancam Hilang dari Liga Spanyol"

Posting Komentar