Edy 'Penyetz' Ongkowijaya: Sukses Adalah Membuat Orang Lain Sukses Juga



Ayam Penyet adalah masakan khas orang Jawa yang sudah sangat populer. Ayam Penyet adalah menu masakan Ayam Goreng yang kemudian di penyet (ditekan pelan) dengan alu pada sebuah bumbu atau sambal, biasanya disajikan dengan irisan mentimun, tahu goreng dan tempe pada sebuah piring. Kini masakan ini bukan hanya ada di Indonesia, tapi sudah berada di beberapa negara melalui sistem waralaba.

Jika Anda berada di Singapura, Malaysia atau Brunei Darussalam, Anda tidak perlu khawatir. Edy Ongkowijaya telah membawa Ayam Penyet lebih dekat dengan Anda.

Seorang pengusaha muda, Edy telah berhasil membangun jaringan makanan Dapur Penyet melalui waralaba di beberapa negara yang berbeda; Malaysia, Brunei Darussalam dan Singapura. Edy menggunakan rempah-rempah Indonesia untuk mempertahankan keaslian rasa Indonesia dalam makanan.

Kesuksesannya bukan tanpa tantangan. Ketika ia belajar di sekolah menengah, ayahnya harus menghadapi kebangkrutan dan kehilangan bisnisnya. Alih-alih mundur dan menyerah, Edy memilih untuk bertarung di Singapura meskipun kondisi sulit. Untuk bertahan hidup dan membiayai kuliahnya, dia bekerja sebagai pelayan dan melakukan berbagai pekerjaan lain.

Setelah menyelesaikan pendidikannya lebih tinggi di Nanyang Polytechnic, Edy berpikir bahwa pekerjaan kantor tidak cocok untuk dia dan dia memilih untuk menjadi pengusaha. Sebelumnya, Edy telah membeli franchise Es Teler 77 dan Ayam Penyet Ria. Namun, ia kemudian memilih untuk menantang dirinya sendiri dan mandiri, dengan membangun brand-nya sendiri, Dapur Penyet, pada tahun 2009.


Edy berbagi filosofi yang didapatkan dari ayahnya yang membuatnya dapat bekerja keras dan bertahan hingga saat ini.

"Bila Anda ingin membangun bisnis Anda, pergilah seolah-olah Anda berlayar ke sebuah pulau dengan kapal perang dan Anda membakarnya segera setelah Anda mendarat di pulau itu," kata Edy. Dengan demikian, Anda tidak akan dapat kembali dan melarikan diri. "Anda akan mendorong diri sendiri untuk melawan semua yang terbaik yang Anda bisa," jelasnya.

Didalam keberhasilannya, Edy tidak mengabaikan orang lain. Dia selalu berbagi tentang resep dan perjalanannya kepada orang lain. Baginya, kesuksesan adalah bagaimana membuat orang lain menjadi sukses juga. Edy berharap untuk bisa berbagi apa yang dia punya dengan orang lain. Kadang-kadang, ia diundang untuk berbagi seminar tentang kewirausahaan.

Untuk karyawannya, Edy tidak bukan hanya sebagai mentor tetapi juga teman. "Anda tidak bekerja untuk saya, Anda bekerja dengan saya," kata-kata yang selalu ia ucapkan kepada karyawannya. Edy juga melibatkan secara langsung dalam operasi sehari-hari dari memasak sampai membersihkan.

Dalam waktu senggang, Edy sering mengunjungi panti asuhan di Indonesia untuk berbagi cerita dan inspirasi kepada anak-anak.

"Selain untuk memberikan kehidupan yang cukup bagi keluarga saya, saya bekerja sangat keras sehingga saya bisa berbagi apa yang saya miliki dengan saudara-saudara kita di Indonesia," katanya.
Suatu hari, ia ingin memiliki sebuah yayasan untuk membantu anak-anak miskin untuk mengejar mimpi dan pendidikan mereka. Salut, bang!
(kredit: globalindonesianvoices.com)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Edy 'Penyetz' Ongkowijaya: Sukses Adalah Membuat Orang Lain Sukses Juga"

Posting Komentar