Ini Dia Cara Lengkap Mengecek Kanker Payudara dengan Tangan Sendiri



Tumor payudara dan kanker payudara memang penyakit yang banyak menyerang wanita jaman sekarang. Mengetahui secara dini suatu kanker pada payudara lebih baik daripada mengetahui ketika sudah menjadi kanker payudara ganas. Untuk itu mari ketahui cara yang benar mengecek payudara sendiri untuk pendeteksian dini apakah terkena kanker payudara atau tidak

Seperti dilansir Dailymail, Dr. Hilary Jones memberikan tutorial cara pengecekan kanker payudara, sebagai berikut.

1. Letakkan tangan di pinggang serta posisi pundak harus rileks.
2. Untuk pengecekkannya, yang utama adalah Anda mengecek payudara bagian atas, bawah, kiri, kanan, samping ketiak dan diatas puting.
3. Cek dengan meraba bagian-bagian payudara (seperti pada poin 2), dengan perlahan cek bagian tersebut apakah ada benjolan yang Anda anggap janggal?

4. Jika dengan meraba tidak ada benjolan. Sekarang beralihlah dengan menekan-nekan sedikit bagian payudara seperti pada poin 2. Terutama pada samping ketiak, banyak kasus terjadi ditemukan di daerah ini.
5. Ketika sampai diputing, rasakan apakah ada bejolan dibawah areola?
6. Perhatikan juga, apakah payudara Anda mengalami tanda yang janggal seperti ruam, warna yang aneh, lecet, konsultasikan pada dokter Anda.

Tidak usah takut mengetahui kalau Anda terkena kanker payudara, karena jika diketahui sejak dini, kanker ini bisa disembuhkan tanpa perlu pengangkatan payudara.
(kredit: vemale.com)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ini Dia Cara Lengkap Mengecek Kanker Payudara dengan Tangan Sendiri"

Posting Komentar