Inilah Jawaban Kenapa Kafein Membuat Ketagihan



Warna kulit kita, jenis rambut dan bentuk wajah yang dipengaruhi oleh genetika leluhur kita ternyata juga mempengaruhi akan kecanduang terhadap kafein. Keterkaitan antar gen dengan pengaruh kafein di publikasikan dalam jurnal Molecular Psychiatry.

Dalam penelitian tersebut membandingkan sampel DNA dan kebiasaan minum kopi dari 120.000 simpatisan baik wanita maupun pria. Sampel tersebut diambil dari para orang-orang dengan standar Amerika-Afrika dan Eropa, seperti dilansir dalam laman cosmopolitan.com

Kemudian didapatkan hasil bahwa adanya sejumlah hal yang sama pada orang-orang yang sering minum kopi: orang-orang tersebut memiliki dua variasi genetika yang sangat mempengaruhi metabolisme kafein secara efisien, dua variasi genetika yang mempengaruhi efek positif dari kafein, dan dua variasi genetika lainnya yang mempengaruhi aspek-aspek metabolisme energi lainnya.

Meskipun ada pengaruh genetika, lingkungan dan budaya juga memiliki pengaruh yang menjadi alasan kenapa kita bisa sangat kecanduan kafein. Meskipun belum ada penelitian lanjutan yang berkenaan dengan pengaruh genetika terhadap kecenderungan seseorang kecanduan kafein atau tidak, hasil dari penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa kita pada dasarnya bisa mentolerir asupan kafein sesuai dengan kemampuan tubuh kita masing-masing.
(sumber: vemale.com)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Inilah Jawaban Kenapa Kafein Membuat Ketagihan"

Posting Komentar