Menjadi Ahli Mencari Informasi Di Google Dengan 6 Trik Berikut Ini



Anda pastinya sering sekali mencari informasi di Google dengan mengetikkan langsung kata atau kalimat di Google. Dan Google dengan mesin pencarinya akan menampilkan informasi seputar apa yang Anda ketikkan. Jika Anda hanya melakukan ini saja, maka informasi yang Anda dapatkan cenderung terlalu banyak dan malah tidak akurat. Anda membutuhkan trik dan cara yang sudah disediakan google agar hasil pencarian menjadi akurat.

Contohnya, ketika Anda akan mencari informasi tentang kecepatan Jaguar, Anda mungkin akan menuliskan seberapa cepat jaguar, ini tentu tidak terlalu akurat, karena mesin Google akan menampilkan hasil kecepatan hewan Jaguar dan mobil Jaguar. Padahal yang Anda inginkan hanyalah kecepatan mobil merek Jaguar.

Untuk itu diperlukan beberapa trik dan cara pencarian agar hasil yang didapatkan juga sesuai dengan keinginan Anda.
Berikut ini beberapa tips mencari informasi di Google yang akan membuat Anda menjadi ahli dalam mencari artikel. Tips ini juga bisa Anda gunakan pada mesin pencari selain Google, seperti Bing dan Yahoo Search

1. Cara Mencari Frase atau kalimat yang tepat
Gunakan tanda kutip (") untuk mencari frase yang tepat. Misalnya mencari "fakta menarik solena" maka Google benar-benar akan menampilkan informasi semua halaman yang mengandung 3 kata tersebut. Berbeda jika Anda menghilangkan tanda kutip, maka Google akan menampilkan hasil dari kata, Fakta, Menarik dan Solena.

Google mungkin bisa saja pintar mengetahui apa sebenarnya yang Anda cari walau tanpa menggunakan tanda kutip. Tapi dengan mencari infomarmasi dengan tanda kutip, maka hasil yang Anda dapatkan sesuai keinginan. Ini juga tentunya menghemat waktu Anda.


2. Menghilangkan kata yang tidak diinginkan
Untuk menghilangkan kata yang tidak Anda inginkan dalam pencarian Google, Anda bisa menggunakan tanda minus (-). Ini berguna untuk kata-kata multitafsir. Contohnya ketika Anda ingin mencari kecepatan Jaguar dengan mengetikkan how fast is a jaguar. Google akan menafsirkan dan menampilkan hasil kecepatan hewan Jaguar dan kecapatan mobil Jaguar. Jika yang Anda inginkan hanyalah hasil dari kecepatan mobil Jaguar maka gunakan tanda (-) pada kata yang ingin Anda hilangkan dibelakang kalimat. Sehingga tulisannya menjadi how fast is a jaguar -animal. Ini membuat hasil pencarian Google hanya menampilkan kecepatan mobil merek Jaguar dan menghilangkan hasil hewan Jaguar

3. Cari informasi yang terdapat di website tertentu.
Gunakan site:alamatdomain
Katakanlah Anda ingin mencari informasi pernikahan di sebuah situs, misalnya perpustakaanindonesia.com, maka tulis saja site:perpustakaanindonesia.com pernikahan. Maka hasil yang didapat adalah artikel seputar pernikahan yang HANYA terdapat di situs perpustakaanindonesia.com

trik ini juga bisa digunakan untuk mencari domain dengan ekstensi tertentu. Misalnya Anda ingin mencari artikel tentang pajak di situs pemerintah, maka tulis saja site:.go.id pajak Maka hasil yang didapat adalah seputar pajak pada situs dengan ekstensi .go.id (ekstensi .go.id adalah ekstensi domain yang banyak digunakan untuk situs pemerintah Indonesia)

4. Menyisipkan kata apapun yang sesuai
Gunakan tanda asterik (*) sebagai pengganti kata apapun yang ingin ditampilkan. Misalnya ketikan best * player Ini akan memberikan hasil tentang pemain olahraga yang dianggap sebagai pemain terbaik dalam berbagai olahraga yang berbeda. Inilah sebabnya mengapa tanda * sering disebut "wildcard" operator - dapat mencocokkan apapun.

5. Mencari dua Frase
Biasanya, ketika Anda mencari sesuatu, Google akan mencari website yang berisi setiap kata dalam pencarian Anda. Anda dapat memilih untuk mencari beberapa frasa yang berbeda dan memungkinkan Google untuk kembali halaman yang cocok dengan hasil dengan menyisipkan kata OR (harus dengan huruf besar) diantara dua kata. Sebagai contoh, perempuan OR wanita akan memunculkan halaman yang relevan dengan pencarian "perempuan" dan halaman yang relevan dengan pencarian "wanita."

Anda juga bisa menempatkan kata OR di antara dua frase dengan dalam tanda kutip untuk mencari halaman yang berisi salah satu dari dua frase. Atau Anda bisa menempatkannya di antara satu kata dan frase tertutup dalam tanda kutip.
Misalnya "wanita paling hebat" OR "perempuan sangat cantik"

6. Mengabungkan trik
Dari trik diatas, Anda juga bisa menggabungkan menjadi satu langkah untuk mendapatkan hasil pencarian yang akurat dan cepat. Contohnya site:wikipedia.org jaguar OR “panthera onca” -animal Ini akan menampikan semua informasi jaguar atau nama ilmiahnya di situs wikipedia dan tidak akan menampilkan hewan.

Masih banyak trik yang dapat digunakan pada mesin pencari Google agar hasil yang didapatkan akurat, tapi enam point diatas kami anggap sudah cukup.
(rhina/perpustakaanindonesia.com)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Menjadi Ahli Mencari Informasi Di Google Dengan 6 Trik Berikut Ini"

Posting Komentar