Pemerintah Jokowi Akan Turunkan Subsidi BBM Mulai 1 November 2014



Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla telah menegaskan komitmen mereka dalam mengurangi subsidi BBM pada tanggal 31 Oktober 2014. Harga BBM bersubsidi baru akan segera berlaku pada 1 November 2014.

Beberapa media melaporkan berita sebagai "hadiah pahit" dari pemerintahan baru. Menurut sumber media cetak, Kontan, harga BBM bersubsidi baru per liter menjadi Rp. 3.000 lebih tinggi dari harga saat ini.

"Ini sesuai dengan rencana awal, naik sebesar Rp. 3.000 per liter, "kata sumber itu (23 Oktober 2014).

Dengan pengurangan subsidi, harga bahan bakar baru akan naik dari Rp. 6.500 menjadi Rp. 9.500 per liter, yang diperkirakan dapat menghemat Rp 20 triliun dari anggaran negara.

Pemerintah juga akan mendistribusikan bantuan keuangan kepada keluarga miskin. Ada 20 juta keluarga miskin yang akan menerima bantuan keuangan ini dari pemerintah, naik dari 15,5 juta keluarga di 2 tahun sebelumnya ketika terakhir kali pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi.


Pada saat itu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyalurkan BLT sebesar Rp. 150.000 untuk keluarga miskin. Bantuan keuangan disalurkan selama empat bulan, menyusul kenaikan harga BBM. Jika pemerintah baru akan memanfaatkan skema yang sama, maka harus menyediakan dana bantuan sosial sebesar Rp. 9,3 triliun. Ini secara signifikan lebih tinggi dari yang dialokasikan yakni sebesar Rp. 5 triliun yang dicadangkan untuk mengantisipasi kenaikan harga BBM.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani, mengatakan bahwa anggaran negara tidak cukup jika ingin digunakan untuk menyalurkan skema bantuan keuangan serupa.

"Dana yang ada hanya dapat memberikan kompensasi untuk 2-3 bulan," kata Askolani (22 Oktober 2014).

Dengan naiknya penerima BLT, maka dapat dipastikan bahwa dana kompensasi harus ditingkatkan. Pemerintah Joko Widodo harus meminta tambahan anggaran dari DPR, yang bisa saja menentang, mengingat kontrol oposisi dari Koalisi Merah Putih.
(sumber: globalindonesianvoices)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pemerintah Jokowi Akan Turunkan Subsidi BBM Mulai 1 November 2014"

Posting Komentar