Sejarah dan Fakta Monas, Ikon Jakarta yang Menjulang Tinggi



Monumen Nasional atau populer dengan sebutan Monas merupakan salah satu monumen peringatan yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajah Belanda yang ada di Jakarta. Tugu Peringatan Nasional ini ini dibangun di area seluas 80 hektar dan diarsiteki oleh Friedrich Silaban dan R.M Soedarsono. Mulai dibangun 17 Agustus 1961 dan diresmikan 12 Juli 1975 oleh Presiden Soeharto.

Tugu Monas melambangkan lingga (alu atau anatan) yeng penuh dimensi khas budaya bangsa Indonesia. Semua peralatan cawan melambangkan Yoni (lumbung). Lingga dan Yoni tersebut merupakan cerminan simbol kesuburan berdasarkan keyakinan pemeluk agama Hindu. Keduanya melambangkan simbol perwujudan kesuburan tanah air Indonesia. Semua Alu dan Lumbung merupakan alat rumah tangga tradisional yang terdapat di rumah penduduk Indonesia. Alu dan lumpang (penumbuk padi) tersebut juga merupakan perwujudan kesuburan dan kemakmuran bangsa Indonesia.

Ketinggian monas ini mencapai 132 meter. Didalam bangunan ini terdapat 51 diorama. Monas terbagi menjadi beberapa bagian yakni Lidah Api, Peralatan Puncak, Peralatan Bawah, dan Museum Sejarah Perjuangan Nasional. Hanya lidah api saja yang tidak dapat Anda masuki karena berada paling atas dari Monas dan tidak ada akses ke tempat itu.

Sedangkan wilayah taman hutan kota disekitar Monas dahulu dikenal dengan nama Lapangan Gambir, kemudian sempat berubah nama beberapa kali menjadi Lapangan Ikada, Lapangan Merdeka, Lapangan Monas dan kemudian mennjadi Taman Monas. Disekeliling tugu terdapat taman, dua buah kolam dan beberapa lapangan terbuka tempat berolahraga.

Setiap hari libur, Monas selalu dikunjungi banyak wisatawan, disini Anda bisa menikmati banyak jenis wisata dan bahan pendidikan. Anda bisa menaiki monumen yang menjulang tinggi hingga kepuncak Monas. Anda juga dapat berolahraga bersama teman-teman dan keluarga, Bisa juga menikmati taman yang indah dengan berbagai pepohonan yang rimbun dan asri atau menikmati hiburan air mancur yang menarik.

Untuk dapat masuk bangunan Monas, Anda dapat melewati pintu masuk disekitar patung Pangeran Diponegoro. Anda akan melalui lorong bawah tanah untuk memasukinya. Anda pun dapat melalui pintu masuk di pelataran Monas bagian utara.
Ayo ke Monas, dan nikmati liburan murah bersama keluarga atau orang terdekat Anda.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Sejarah dan Fakta Monas, Ikon Jakarta yang Menjulang Tinggi"

Posting Komentar