Sekilas Mengenal Tentang Jakarta, Indonesia



Sebelum dikenal dengan nama Jakarta, dahulu pernah dikenal dengan nama Sunda Kelapa (sebelum 1527), Jayakarta (1527-1619), Batavia, Betawi, atau Jacatra (1619-1942), dan Djakarta (1942-1972). Jakarta memiliki luas sekitar 661,52 kilometer persegi (lautan: 6.977,5 kilometer persegi). Bersama kota disekitarnya Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi, Jakarta menjadi kota metropolitan Jabodetabek. Wilayah ini merupakan metropolitan terbesar di Indonesia atau urutan keenam di dunia.

Budaya Jakarta merupakan budaya mestizo, atau sebuah campuran budaya dari beragam etnis. Baik itu dari suku penjuru Nusaantara seperti Jawa, Sunda, Minang, Batak dan Bugis maupun dari budaya luar seperti budaya Arab, Tiongkok, India dan Portugal. Penduduk asli sendiri suku Betawi, mulai tersingkir ke pinggiran Jakarta kalah bersaing dengan para pendatang. Untuk melestarikan budaya Betawi, didirikan cagar budaya di Situ Babakan, Jagakarsa, Jakartra Selatan.

Siapa bilang Jakarta tidak mempunyai musik tradisional? Jakarta masih mempunyai musik tradisional seperti tanjidor dan gambang kromong, yang mempunyai pangaruh baik dari etnis Sunda seperti penggunaan rebab dan terompet tradisional. Ada pula pengaruh asing seperti halnya Trombone dan Gitar dari Eropa dan beberapa irama musik tradisional Tionghoa. Untuk urusan perut Jakarta juga mempunyai makanan khas yang peling terkenal adalah Kerak Telor, dodol dan minuman yang khas Bir Pletok.

Jakarta dan dulu kini jauh berbeda, jika dulu masih banyak pepohonan yang rindang sekarang berganti gedung pencakar langit. Namun Jakarta juga masih memiliki banyak taman kota yang berfungsi sebagai daerah resapan air. Taman Monas atau Taman Medan Merdeka merupakan taman terluas yang terletak di tengah-tengah Jakarta. Ditengah taman berdiri Monumen Nasional.

Ibukota Negara Indonesia ini memiliki ikon Monas dan Ondel-ondel. Banyak temapat yang bisa dikunjungi di Jakarta mulai dari tempat bersejarah seperti kawasan Kota Tua, Pasar Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah bahkan pusat-pusat perbelanjaan tersebar di kota ini.
(sumber: healthntourism)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Sekilas Mengenal Tentang Jakarta, Indonesia"

Posting Komentar