Siapa Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan?



Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia yang baru, Susi Pudjiasti, telah memulai usahanya dengan menjual ikan di Pangandaran, Jawa Barat.

"Dia (Susi Pudjiastuti) memulai bisnis dengan menjual ikan di TPI," kata Presiden Indonesia Joko 'Jokowi' Widodo pada Minggu 26 Oktober, 2014.

Presiden juga mengatakan bahwa Susi Pudjiastuti adalah pengusaha yang giat, yang sukses membangun usahanya dari nol. Hari ini, dia juga dikenal berhasil menjalankan transportasi dan bisnis maritim. Berdasarkan track record-nya, Jokowi percaya bahwa dia mampu menyebarkan serangkaian perbaikan kebijakan yang dikeluarkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

Berdasarkan data Wikipedia, Susi Pudjiastuti lahir pada 15 Januari 1965. Dia adalah Presiden Direktur PT ASI Pudjiastuti Marine Product, yang mengekspor produk perikanan. Selain itu, dia juga memimpin Susi Air, sebuah perusahaan penerbangan regional di bawah PT ASI Pudjiastuti Aviation.

Hingga 2012, Susi Air memiliki 32 pesawat dari berbagai jenis, termasuk Cessna Grand Caravan, Pilatus PC-06 dan Piaggio P180 Avanti. Maskapai ini mempekerjakan hampir semua pilot asing, dengan total 175 orang asing dari 180 pilot.

Masa lalu dan latar belakangnya ternyata tidak semulus karir bisnisnya. Susi, yang hanya memiliki ijazah pendidikan sekolah menengah, terpaksa putus sekolah dan bekerja sebagai bakul ikan di Pangandaran. Dia kemudian berhasil membangun pengolahan ikan sendiri pada tahun 1996.


Ketika usaha pengolahan ikan nya diperluas ke pasar Asia dan Amerika, Susi membutuhkan transportasi udara yang mampu mempercepat distribusi lobster, ikan dan produk laut lainnya, sehingga pembeli bisa menerima produknya dalam keadaan segar.

Didukung oleh Christian von Strombeck, suaminya yang berasal dari Jerman, Susi kemudian memutuskan untuk membeli satu unit Cessna Caravan. Untuk pembelian tersebut, ia meminjam Rp. 20 miliar dari bank pada tahun 2004. Ini adalah awal dari bisnis Susi Air nya.

Dalam kesempatan terpisah, seorang praktisi sektor perikanan dan kelautan terkejut dengan penunjukan Susi Pudjiastuti sebagai menteri yang menangani urusan kelautan dan perikanan. Tidak hanya bahwa Susi adalah seorang wanita, tetapi juga karena latar belakang profesional dan pekerja keras nya.

"Dia adalah sosok pengusaha sukses yang memulai dari nol. Dia tahu sektor perikanan, "kata Ketua Shrimp Club Indonesia, Hasanuddin Atjo dari Palu, seperti dikutip Kompas.com (26 Oktober 2014)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Siapa Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan?"

Posting Komentar